Cara Merawat Aglaonema yang Benar agar Subur & Semakin Menawan

Aglaonema merupakan tumbuhan hias yang mempunyai daun yang sangat menarik. Ada yang berwarna hijau dengan bintik-bintik putih, hijau yang dihiasi warna kuning, sampai hijau kemerah-merahan. Tidak mengherankan bila ada banyak sekali pencinta tanaman, khususnya di perkotaan yang menyukai dengan tanaman yang satu ini. Untuk mendapatkan aglaonema yang indah, Anda harus rajin dalam memelihara dan merawatnya secara rutin. Kebetulan tumbuhan ini mudah sekali beradaptasi dengan lingkungannya serta tidak memerlukan perawatan yang rumit. Tetapi demikian, aglaonema yang dirawat dengan benar tentunya akan memiliki keindahan yang lebih baik daripada tanaman yang dipelihara secara asal-asalan.

Jadi pertanyaannya adalah bagaimana sih caranya merawat aglaonema yang benar? Jawabannya ada di bawah ini ya! Silakan Anda dapat mengikutinya dengan baik.

MEDIA TANAM YANG TEPAT

Adapun media tanam yang paling tepat sebagai tempat untuk pertumbuhan tanaman aglaonema adalah campuran tanah, pupuk kompos, dan pasir dengan perbandingan 2:2:1. Anda juga dapat menambahkan sekam bakar secukupnya ke dalam media tanam tersebut. Usahakan agar media tanam tadi mempunyai tingkat keasaman yang netral antara 6-7. Masukkan pecahan genteng ke dalam pot terlebih dulu sebagai alas penahan media tanam. Setelah tercampur rata, media tanam tadi lantas dimasukkan ke dalam pot hingga memenuhi 3/4 dari total volume pot tersebut.

PENYIRAMAN YANG PAS

Mengingat tanaman aglaonema sangat menyukai air, Anda bisa menyiraminya setiap hari loh. Siramilah tanaman ini sampai media tanamnya tergenangi air. Penggunaan air sumur untuk menyirami tumbuhan jauh lebih baik ketimbang air dari air ledeng yang notabene mengandung kaporit. Karena dalam jangka waktu yang lama, air akan mempengaruhi tingkat kecerahan warna pada daun aglaonema. Anda hanya perlu menyirami bagian media tanamnya saja ya. Siramilah pada waktu pagi atau sore hari. Gunakan alat penyiram khusus (gembor) untuk menyirami tanaman aglaonema.

PEMUPUKAN DENGAN TEPAT

Untuk menjaga tingkat kesuburan media tanam di dalam pot, setidaknya Anda harus memberikan pupuk susulan setiap 1 bulan sekali. Berikan pupuk organik secukupnya serta pupuk yang dapat menyuburkan pertumbuhan daun tanaman. Anda pun dapat memanfaatkan air cucian beras sebagai pupuk alami bag tanaman. Hati-hati ketika memberikan pupuk ini. Usahakan jangan sampai mengenai batang utama atau daunnya ya. Biasanya sih tanaman aglaonema yang memperoleh pupuk secara teratur akan mempunyai daun yang lebih rimbun sehingga pesonanya terlihat menarik sekali.

PELETAKAN TANAMAN

Kebanyakan tanaman aglaonema akan tumbuh subur apabila ditaruh di tempat yang lembab. Walaupun tumbuhan ini juga menyukai cahaya matahari, tapi tanaman aglaonema akan mengering dan berwarna kecoklat-coklatan jika kondisi lingkungannya terlalu panas. Jadi sebaiknya Anda mengeluarkan tanaman ini di tempat yang terbuka pada waktu pagi hari. Kemudian memindahkannya di tempat yang teduh saat matahari telah bersinar terik. Tanaman aglaonema ini memang terlihat sangat indah apabila mempunyai daun yang tumbuh subur dengan warna yang pekat dan jelas.

PENCUCIAN DAUN AGLAONEMA

Keindahan utama dari tanaman aglaonema memang terletak di daunnya. Supaya daun tersebut nampak semakin indah dan mengkilap, maka Anda perlu mencucinya secara berkala. Kedengarannya aneh kalau harus mencuci tanaman ya? Tapi faktanya memang harus demikian jika Anda ingin memiliki aglaonema yang benar-benar menarik hati. Siapkan air, susu,dan ampas kelapa. Kemudian campurkan bahan-bahan tersebut di dalam mangkuk. Ambil sejumput campuran ini. Kemudian gosokkanlah ke permukaan daun aglaonema sampai merata. Setelah menunggu selama 15-30 menit, Anda dapat membilasnya dengan air sampai bersih. Cucilah daun aglaonema di waktu pagi hari ya.