Budidaya Tanaman Lidah Buaya yang Baik agar Untungnya Lebih Besar

Lidah buaya biasanya diperbanyak melalui anakan. Anakan-anakan ini tumbuh dari batang indukan yang berada di dalam tanah. Setiap tanaman lidah buaya ini mampu menghasilkan anakan sampai 5-8 batang yang tumbuh mengelilinginya. Setelah dipisahkan dari induknya, anakan lidah buaya ini dapat dijadikan sebagai bibit untuk keperluan budidaya. Anakan lidah buaya yang layak digunakan sebagai bibit memiliki ukuran sebesar ibu jari dengan panjang antara 10-20 cm. Kemudian bibit lidah buaya lantas dipelihara di dalam bedengan persemaian atau menggunakan polybag.

Proses persemaian ini dilaksanakan hingga bibit lidah buaya tersebut mempunyai sistem perakaran yang cukup kokoh untuk mendukung pertumbuhannya. Lama waktu penyemaian berkisar antara 3-4 minggu. Bagi Anda yang tertarik membudidayakan lidah buaya, Anda bisa mengikuti panduan di bawah ini!

PERSIAPAN LAHAN

Lahan untuk penanaman bibit lidah buaya harus dipersiapkan jauh-jauh hari sebelum digunakan. Lahan tersebut mesti dicangkul terlebih dahulu sedalam 30-50 cm dan dibersihkan dari kotoran-kotoran yang tersimpan di dalamnya. Tambahkan pupuk kandang untuk menyuburkan media tanam. Setelah itu, Anda dapat membuat bedengan. Penanaman lidah buaya biasanya dilakukan dengan sistem jarak tanam baris tunggal. Kelebihan dari sistem ini adalah pemeliharaan serta pemanenan tanaman menjadi lebih mudah dikerjakan. Adapun jarak penanaman lidah buaya yang bisa diterapkan mulai dari 50 x 75 cm hingga 50 x 100 cm. Sedangkan untuk bedengan lebar, Anda bisa memakai jarak penanaman 60 x 50 cm.

PENANAMAN BIBIT

Bibit lidah buaya yang akan ditanam di lahan harus disemai terlebih dahulu untuk meningkatkan potensi hidupnya. Penyemaian anakan lidah buaya ini juga bertujuan untuk memudahkan Anda dalam merawat anakan-anakan tersebut sehingga tumbuh secara subur, sehat, dan juga seragam. Waktu penanam yang paling baik ialah ketika awal musim penghujan atau akhir musim kemarau. Proses penanaman sebaiknya dikerjakan saat pagi atau sore hari. Anda bisa mendapatkan bibit lidah buaya di www.tokotanaman.com ya. Kami juga menyediakan lidah buaya pontianak yang mampu tumbuh besar.

Untuk menanamkan bibit lidah buaya, Anda dapat melepaskan bibit tersebut dari polybag dengan hati-hati supaya tidak merusak media semainya. Setelah itu, bibit ini dimasukkan ke dalam lubang tanam dan ditimbun kembali dengan tanah di sekitarnya. Jangan lupa berikan naungan di atas masing-masing bibit menggunakan pelepah pisang atau daun kelapa untuk melindunginya dari terik sinar matahari dan curah hujan yang tinggi. Lanjutkan proses penanaman ini sampai seluruh lubang tanam yang tersedia berhasil ditanami oleh bibit lidah buaya tersebut.

PERAWATAN TANAMAN

Sebisa mungkin jagalah kondisi kelembaban udara di area lahan penanaman. Tanaman lidah buaya tadi memang tidak terlalu membutuhkan air dalam jumlah yang banyak. Namun kondisi lahan yang lembab sudah cukup untuk meningkatkan kesuburannya. Jadi lahan harus disiram secara berkelanjutan dengan air yang seperlunya saja saat pagi ataupun sore hari. Lakukan penyiraman hingga tanaman sudah terlihat tumbuh subur. Sekali lagi kami ingatkan untuk tidak menyirami tanaman lidah buaya secara berlebihan karena dapat menyebabknnya membusuk.

Selama dalam masa pemeliharaan awal tanaman lidah buaya, biasanya ada kemungkinan beberapa bibit mengalami kematian akibat tidak mampu beradaptasi dengan lingkungan barunya. Oleh sebab itu, Anda harus melakukan penyulaman sehingga lahan tetap terisi penuh oleh tanaman budidaya. Caranya adalah mengganti tanaman yang mati pada usia 1,2, dan 3 minggu dengan bibit yang baru. Diharapkan bibit ini dapat mengejar ketertinggalan pertumbuhan dari tanaman-tanaman lidah buaya yang lainnya sehingga pertumbuhan semua tanaman di lahan tersebut tetap seragam.

Lidah buaya sangat membutuhkan unsur nitrogen dan kalium untuk mendukung pembentukan zat hijau daun, pembentukan jaringan tanaman, dan pertumbuhan vegetatif tanaman ini. Sedangkan unsur fosfat berguna untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan akar tanaman ini. Kami akan memberikan saran pemupukan lidah buaya pada artikel selanjutnya. Sebab bagaimanapun juga tanaman lidah buaya ini memang membutuhkan pupuk dalam jumlah yang cukup banyak untuk mencapai pertumbuhannya yang maksimal. Jadi Anda harus memberikannya pupuk dengan baik.