Rahasia Nih agar Daun Monstera Mengkilap, Subur, dan Kinclong!

Tanaman monstera (Philodendron monstera) kini menjadi tanaman yang begitu populer. Bahkan trend menanam tumbuhan monstera ini sekarang begitu digandrungi oleh masyarakat Indonesia, khususnya para kawula muda. Tidak sedikit café, restoran, maupun distro yang memajang tanaman monstera di dalam pot sebagai hiasan. Tanaman yang masih termasuk dalam famili Araceae ini memang mempunyai pesona yang begitu indah, terutama pada bagian daunnya.

Pohon monstera mempunyai daun yang begitu unik. Bentuknya seolah-olah seperti digunting-gunting. Umumnya tumbuh-tumbuhan memiliki daun yang berbentuk elips sempurna. Namun berbeda dengan daun monstera yang berumbai-rumbai layaknya daun utuh yang dipotong-potong bagian tepinya. Tentu saja bentuk daun yang demikian ini tercipta secara alami. Secara normal, daun monstera ini memang mempunyai bentuk yang sangat unik, menark, sekaligus nyentrik.

agar-daun-monstera-mengkilap.jpg

Mengingat daya tarik utama tanaman monstera terletak pada daunnya, maka Anda harus merawat daun tanaman ini dengan sebaik-baiknya. Tugas utama Anda yaitu memastikan daun monstera bisa tumbuh subur, ukurannya besar, jumlahnya banyak, dan warnanya hijau pekat. Anda juga harus mengupayakan agar daun monstera ini tidak mengalami kerusakan, tidak menguning, tidak membusuk, dan tidak cepat berguguran. Dengan demikian, tanaman monstera Anda pun akan terlihat indah.

Berikut ini kiat-kiat untuk merawat daun monstera agar tumbuh subur, antara lain :

Berikan Pupuk Daun secara Rutin

Pupuk merupakan sumber makanan bagi tumbuh-tumbuhan. Di dalam pupuk terkandung begitu banyak zat hara yang akan diserap oleh akar tanaman untuk mendukung pertumbuhannya. Tanaman menyerap bahan organik yang ada di dalam media tanam setiap saat. Sehingga lambat laun jumlah nutrisi yang terkandung di dalamnya pun akan berkurang hingga tersisa tinggal sedikit. Anda tak boleh membiarkan kondisi ini terus berlanjut sebab berpengaruh terhadap pertumbuhannya. Supaya pertumbuhan daun monstera subur, Anda harus memberikannya pupuk daun paling tidak 2-3 minggu sekali.

cara-merawat-daun-monstera.jpg

Letakkan di Tempat yang Teduh

Tanaman yang mempunyai daun yang ukurannya cukup lebar dengan lapisan mengkilap di bagian atas permukaannya biasanya tidak terlalu suka dengan matahari. Tanaman tersebut lebih senang berada di tempat yang teduh dan tidak terkena pancaran sinar matahari secara langsung. Misalnya yaitu tanaman monstera, gelombang cinta, dan aglaonema. Hendaknya Anda menaruh tanaman ini di tempat-tempat yang teduh. Contohnya Anda bisa menaruh tanaman ini di teras rumah atau di dalam rumah sekalian. Kalau ingin meletakkannya di halaman, Anda mesti menaruhnya di bawah pohon besar.

Sirami dengan Air Secukupnya

Pohon monstera pada dasarnya memerlukan air yang cukup banyak untuk mendukung kehidupannya. Tanaman ini sangat menyukai air. Di habitat alaminya, tanaman monstera tumbuh di tempat-tempat yang tersembunyi, cukup lembab, dan dekat dengan sumber air. Jadi Anda perlu menyiraminya dengan air yang cukup banyak agar tanaman monstera tumbuh subur. Namun Anda harus berhati-hati pada saat menyirami tanaman ini. Sebab air yang cukup banyak akan membuatnya membusuk dan mematikannya. Siramilan tumbuhan ini 2-3 hari sekali tepat di media tanamnya. Usahakan air jangan sampai mengenai tanaman ini ya.

daun-monstera-tumbuh-subur.jpg

Bersihkan Permukaan Daunnya

Namanya juga merawat tanaman hias, maka Anda harus mau membersihkannya agar tanaman ini bebas dari kotoran dan debu yang dapat membuat penampilannya menjadi kusam. Sebaiknya Anda bersihkan daun monstera ini setidaknya seminggu sekali. Gunakan kain lap yang halus atau kain microfiber untuk membersihkannya. Lakukan dengan gerakan yang lembut dan hati-hati agar tak merusak atau merobek daun monstera. Gunakan air biasa saja untuk membersihkannya. Lakukan pengelapan pada kedua sisi permukaan daun monstera.

Tips agar Daun Monstera Mengkilap

Bersih saja tidak cukup untuk membuat daun monstera nampak begitu menarik. Anda harus mampu membuat daun monstera tersebut terlihat mengkilap atau kinclong supaya semakin memukau serta menarik perhatian semua orang. Untuk mewujudkan keinginan tersebut, Anda harus memberikan perawatan khusus kepada daun tanaman monstera. Ada beberapa bahan yang dapat digunakan untuk membuat daun monstera nampak kinclong antara lain susu, cuka apel, minyak zaitun, atau baby oil. Cukup oleskan saja salah satu dari bahan-bahan ini pada permukaan daun monstera secara teratur. Dijamin daun monstera Anda pun akan terlihat semakin menawan.