Pengertian Hidroponik dan Keuntungannya

Bercocok tanam kini sudah menjadi gaya hidup masyarakat perkotaan. Hal ini tidak terlepas dari manfaatnya yang sangat baik bagi kesehatan hidup kita, menangkal polusi udara, dan meningkatkan jumlah oksigen. Hasil dari berkebun pun bisa kita nikmati bersama-sama dengan keluarga tercinta. Pada akhirnya mereka berlomba-lomba untuk menghijaukan tempat tinggalnya dengan berbagai cara. Salah satunya adalah bertani menggunakan sistem hidroponik.

Apa sih hidroponik itu? Bagaimana cara menerapkannya? Apa pula keuntungan-keuntungannya daripada teknik bercocok tanam yang lain? Pada dasarnya, hidroponik ialah metode budidaya tanaman dengan menggunakan cairan sebagai media tanamnya. Jadi di sini kita sama sekali tidak menggunakan media tanam berupa tanah. Air serta larutan bernutrisi lainnya menjadi penggantinya. Sedangkan untuk tempat pertumbuhan akar tanaman kita masih membutuhkan media seperti sabut kelapa, serbuk kayu, serat mineral, pecahan genteng, atau batubata.

pengertian-hidroponik-dan-keuntungan.jpg

Hemat Lahan

Keuntungan pertama dari bercocok tanam dengan sistem hidroponik yaitu hemat lahan. Kita tidak membutuhkan banyak tempat hanya sekadar untuk memelihara tumbuh-tumbuhan. Tak perlu pusing lagi deh dengan keterbatasan area pekarangan yang Anda miliki. Sebab Anda bisa memanfaatkan semua sudut-sudutnya sebagai tempat penanaman. Bahkan Anda pun dapat memanfaatkan barang-barang bekas sebagai tempat penampungan air. Lantas gantungkan saja wadah tanaman tadi di sepanjang tembok.

Perawatan Mudah

Keuntungan selanjutnya ialah perawatan tanaman menjadi lebih gampang. Jika Anda menanam bibit tanaman di tanah, maka Anda harus menyiramnya setiap hari supaya kebutuhan tanaman tersebut pada air tercukupi. Tanaman yang jarang disiram pada akhirnya akan layu, pertumbuhannya terhambat, dan mati. Kasus seperti ini tidak bakal terjadi pada tanaman yang dipelihara memakai metode hidroponik sebab media tanamnya sendiri sudah berupa cairan. Anda hanya perlu sekali-kali mengontrol ketersediaannya saja.

Cepat Tumbuh

Keuntungan bertani dengan memakai sistem hidroponik yang lainnya yakni tingkat pertumbuhan tanaman menjadi lebih cepat. Hal ini dikarenakan bagian akar tanaman tersebut lebih mudah dalam menyerap nutrisi yang terdapat di dalam air sebagai media tanamnya. Hampir tidak ada penghambat bagi akar untuk menyerap semua nutrisi yang kita berikan. Tidak ada pula serangan dari gulma yang biasanya menjadi pesaing bagi tanaman budidaya. Pada artikel selanjutnya, kami akan menjelaskan tentang detail bercocok tanam menggunakan sistem hidroponik.