Panduan Dasar Cara Menanam Rumput Gajah Mini, Lengkap!

Tidak selamanya rumput menjadi tanaman gulma yang tidak diinginkan keberadaannya. Beberapa jenis rumput sengaja ditanam sebagai tanaman hias karena mempunyai penampilan yang menarik. Biasanya rumput-rumput ini dijadikan karpet alami penutup tanah. Hamparan rumput berwarna hijau segar akan menyempurnakan pemandangan dari taman rumah Anda. Rumput gajah mini adalah salah satu rumput hias yang banyak ditanam di Indonesia. Rumput gajah ini begitu menarik dengan bentuk dan warna yang dimilikinya.

menanam-rumput-gajah-mini.jpg

Anda mungkin juga tertarik untuk menanam rumput gajah mini di lingkungan rumah Anda? Sebenarnya sih tidak sulit kok untuk menanam rumput yang satu ini. Apalagi rumput gajah mini juga pada dasarnya mampu tumbuh dengan baik di Indonesia. Sehingga tak diperlukan perawatan khusus dalam menanam maupun memeliharanya. Bahkan kalau mau, Anda juga bisa loh melakukannya sendiri karena memang menanam rumput gajah mini merupakan pekerjaan yang lumayan mudah. Silakan Anda bisa mengikuti panduan di bawah ini!

Ciri-ciri rumput gajah mini (Pennisetum purpureum schamach) antara lain :

  1. Daunnya berwarna hijau pekat sehingga menyejukkan mata
  2. Berdaun tebal dengan tepian yang agak keriting
  3. Panjang daunnya hanya mencapai 5 cm
  4. Menghasilkan tampilan rumput yang pendek tetapi rapi
  5. Ukuran akarnya sepanjang 5-8 cm
  6. Pertumbuhan daunnya cukup lambat
  7. Daunnya tumbuh secara menyamping

cara-menanam-rumput.jpg

Alat dan Bahan :

  • Bibit rumput gajah mini
  • Pupuk NPK
  • Pupuk urea
  • Pupuk kandang
  • Cangkul
  • Cetok
  • Teko siram

Langkah kerja :

  1. Pengolahan Tanah

Lakukan pengolahan tanah terlebih dahulu. Caranya Anda bisa menggemburkan tanah memakai cangkul hingga kedalaman 20 cm. Balikkan posisi tanah sampai beberapa kali untuk membuat teksturnya menjadi lebih gembur. Tambahkan pupuk kandang secukupnya untuk menyuburkan tanah. Setelah tercampur merata, Anda dapat meratakan permukaan tanah. Disarankan untuk membuat permukaan tanah agak miring menuju ke lubang pembuangan air untuk menghindari genangan air. Biarkan tanah ini selama 7-10 hari agar kondisinya menjadi normal kembali.

  1. Pengadaan Bibit

Siapkan bibit rumput gajah mini. Anda dapat membelinya di toko online kami yang beralamat di www.tokotanaman.com dengan harga yang terjangkau. Kami menyediakan bibit rumput gajah mini berkualitas unggul dan kondisinya benar-benar segar. Bibit ini akan langsung diambil dari kebun pembibitannya sehingga mutu dan kesegarannya benar-benar terjamin. Silakan Anda bisa menghubungi kami melalui Whatsapp untuk melakukan pemesanan.

merawat-rumput-gajah-mini.jpg

  1. Penanaman Bibit

Setelah bibit rumput gajah mini sudah sampai di tangan Anda, silakan Anda pecah bibit rumput yang masih berupa satu ikatan rumput yang besar tersebut menjadi beberapa ukuran yang lebih kecil berukuran sekitar 3-5 cm. Selanjutnya Anda bisa menanamkan bibit rumpu gajah mini pada lubang tanam yang tersedia. Caranya cukup dengan membenamkan bibit ini ke dalam tanah hingga seluruh akarnya tertimbun. Disarankan untuk menanam rumput gajah mini dengan pola zig-zag agar pertumbuhan rumput menjadi subur sehingga hasilnya lebih rapat dan rapi.

  1. Perkuat Ikatan

Anda harus memperkuat ikatan rumput dengan tanah supaya tidak mudah rusak, tercabut, atau hanyut terbawa air. Caranya yakni dengan memukul secara perlahan-lahan pada permukaan rumput tersebut sampai ke bagian akarnya yang melekat ke dalam tanah. Jangan lupa untuk meratakan posisi rumput dan permukaan tanah memakai permukaan lebar papan kayu atau batu bata. Dalam waktu seminggu kemudian, rumput seharusnya akan menunjukkan tanda-tanda pertumbuhannya.

  1. Perawatan Rumput

Rumput gajah mini harus dirawat dengan baik supaya pertumbuhannya subur. Anda harus rutin menyirami bibit rumput ini memakai teko siram berlubang kecil agar jatuhan airnya kecil dan ringan sehingga tidak merusak susunan rumput. Penyiraman cukup dilakukan 1-2 kali per hari dengan jumlah secukupnya saja. Usahakan air siraman ini tidak sampai menggenangi air supaya tidak menyebabkan rumput membusuk.

Bentuk perawatan lainnya yang mesti dilaksanakan yaitu menaburkan pupuk kandang secara merata sebanyak 2 kali per tahun yakni pada awal dan akhir musim penghujan. Kemudian untuk merangsang pertumbuhan daun rumput gajah mini, Anda perlu memberikan pupuk NPK setiap 10-15 hari sekali. Pupuk urea juga sesekali perlu diberikan untuk meningkatkan daya tahan pada tanaman rumput gajah mini ini.