Nih, Cara Merawat Bunga Lily yang Benar!

Bagaimana cara merawat bunga lily yang benar? Bunga lily dikenal pula dengan nama bunga bakung. Bunga begitu cantik dengan rupa yang warna-warni dan aromanya pun wangi. Tidak heran, begitu banyak pencinta tanaman hias yang menyukai tanaman ini. Lily biasanya dipelihara di taman ataupun pekarangan untuk menambah keasrian rumah tinggal.

Tanaman lily adalah salah satu anggota dari famili Liliaceae. Tanaman ini gampang tumbuh serta bisa ditemukan di berbagai kondisi lahan seperti hutan, pegunungan, rawa-rawa, atau daerah semak belukar. Jadi tidak ada alasan bagi Anda untuk merasa kesulitan dalam menanam bunga lily ya!

cara-merawat-bunga-lily.jpg

Biar bunga lily yang Anda miliki dapat tumbuh subur dan berbunga lebat, ikutilah saran-saran dari kami sebagai berikut :

  1. Usahakan Media Tanam Selalu Lembab

Tanaman lily sangat menyukai air. Tumbuhan ini akan hidup subur apabila dipelihara di lingkungan yang lembab. Namun jangan sampai media tanam tersebut tergenangi oleh air ya sebab hal ini justru dapat mengakibatkan bagian umbinya membusuk. Kuncinya perhatikan kondisi tanah di sekitar tanaman dan lakukan penyiraman bila sudah terlihat tanah yang agak kering. Begitu pula jika kondisi media tanamnya terlalu kering, maka tanaman ini akan jarang mengeluarkan bunga.

  1. Letakkan di Tempat yang Terbuka

Seperti halnya tanaman-tanaman hias berbunga lainnya, lily pun akan tumbuh sempurna apabila diletakkan di tempat yang bisa memperoleh cahaya matahari secara langsung. Dengan begini, tanaman ini pun bisa senantiasa melakukan proses fotosintesis. Manfaatnya adalah tanaman lily yang Anda punyai bakalan rajin berbunga.

  1. Berikan Pupuk Secukupnya

Faktanya tanaman lily tidak terlalu membutuhkan pupuk sebagai penambah bahan organik baginya. Sebab tanaman ini bisa hidup dengan baik asalkan kondisi media tanamnya tetap seimbang. Malahan memberikan pupuk secara berlebihan justru dapat mengakibatkan batangnya menjadi lemah dan pembusukan pada umbi. Jadi sebaiknya Anda memberikan pupuk dalam dosis yang secukupnya saja menggunakan pupuk-pupuk yang biasa diberikan pada tanaman kentang.

  1. Pangkas Bagian Tanaman yang Buruk

Melakukan pemangkasan secara berkala akan memicu pertumbuhan bunga lily. Lakukan pemangkasan hanya pada bagian-bagian tanaman yang memiliki pertumbuhan kurang sempurna. Di mulai dari pemangkasan bagian paling bawah tentunya. Biarkan bagian tanaman yang telah dipangkas tadi tergantikan oleh daun-daun yang baru sehingga bunga lily Anda bisa memiliki usia hidup yang lebih lama.