Merawat Pohon Melinjo agar Cepat Tumbuh Besar dan Subur

Anda mungkin sudah menanam pohon melinjo di rumah? Agar tanaman tersebut bisa tumbuh subur, Anda harus merawatnya dengan baik. Perawatan memang menjadi kunci utama supaya tanaman yang Anda miliki tumbuh subur dan menghasilkan banyak bunga dan buah. Termasuk untuk tanaman melinjo ini Anda wajib merawatnya. Kami jamin tanaman melinjo yang dirawat dengan sepenuh hati pasti tak akan mengecewakan Anda. Tanaman tersebut akan cepat besar serta hasilnya buahnya pun melimpah ruah.

Melinjo (Gnetum gnemon) termasuk tanaman berbiji terbuka (Gymnospermae). Bijinya tidak terbungkus daging buah, tetapi terbungkus oleh kulit luar. Tanaman ini banyak dipelihara di pekarangan sebagai pohon peneduh dan pembatas. Tanaman melinjo biasanya dimanfaatkan bagian daun dan buahnya, termasuk kulit buah dan bijinya. Jika dirawat dengan baik, tanaman melinjo dapat bertahan hidup hingga lebih dari 100 tahun lamanya dengan tinggi mencapai 25 m. Saat panen raya, pohon melinjo mampu menghasilkan buah sampai 80-100 kg.

cara-merawat-pohon-melinjo.jpg

Pohon melinjo tergolong tanaman yang mudah tumbuh serta mempunyai daya adaptasi yang baik. Anda bisa merawat tanaman ini dengan kiat-kiat sebagai berikut!

Menyirami Tanaman

Air merupakan sumber kehidupan. Sebab dari air ini, semua makhluk di muka bumi bisa hidup. Begitu pula bagi tanaman melinjo yang membutuhkan air untuk mendukung kehidupannya. Cuma memang saat musim penghujan, kebutuhan airnya dapat terpenuhi dengan baik karena air hujan yang turun hampir setiap hari. Akan tetapi, saat musim kemarau berlangsung tak akan ada hujan. Jadi mau tak mau Anda harus menyirami tanaman jika ingin pertumbuhannya tetap subur.

Mencabuti Gulma

Tanah di Indonesia memang dikenal sangat subur. Saking suburnya tanah di sini, hampir tidak ada area tanah di kebun yang bebas dari tanaman. Pasti tumbuhan gulma seperti rumput, teki-tekian, dan alang-alang tumbuh subur di sana. Termasuk di sekitar tanaman melinjo yang Anda budidayakan pun banyak terdapat gulma yang tumbuh di sekelilingnya. Anda harus mencabuti gulma-gulma ini supaya tidak menjadi pesaing bagi tanaman melinjo dalam mendapatkan air, zat hara, udara, dan sinar matahari.

Menjaga Kebersihan

Lahan yang menjadi tempat Anda membudidayakan pohon melinjo harus senantiasa dijaga kebersihannya. Bukan berarti Anda lantas harus menyapu dan mengepelnya ya. Tetapi Anda mesti membersihkan lahan tersebut dari kotoran-kotoran yang berpotensi bisa menjadi sarang hama dan penyakit yang tentunya berbahaya bagi tanaman. Bersihkan lahan tersebut dengan membuang daun-daun yang berguguran, sampah plastik kalau ada, serta bagian-bagian pohon melinjo yang sudah mati.

Memangkas Cabang

Jangan biarkan postur pohon melinjo Anda terlalu rimbun karena dapat menjadikannya sarang hama atau penyakit. Hal ini terjadi lantaran kondisi udara di lahan yang begitu lembab akibat sirkulasi udara yang buruk. Selain itu, tanaman yang terlalu banyak memiliki daun juga akan berefek pada hasil buahnya yang sedikit. Sebisa mungkin Anda melakukan pemangkasan cabang serta daun-daunnya secara rutin untuk mengontrol pertumbuhannya. Dari bekas titik pemangkasan ini, nantinya akan tumbuh tunas baru yang jauh lebih subur dalam menghasilkan daun dan buah.

Memberikan Pupuk

Mutlak hukumnya bagi Anda untuk memberikan makanan yang cukup kalau menginginkan pertumbuhan tanaman melinjo Anda cepat serta mampu berbuah banyak. Pupuk dasar yang perlu digunakan ialah pupuk kandang. Gunakan pupuk kandang dari kotoran sapi yang sudah terbukti mampu mempercepat pertumbuhan tanaman. Struktur tanaman juga akan semakin kuat apabila rutin diberikan pupuk kandang sehingga bakal buahnya tidak mudah berguguran. Berikan pupuk kandang ini sebanyak 1-2 kg/pohon setiap bulan.

Memberikan ZPT

Kalau Anda mau tanaman melinjo yang tumbuh di pekarangan cepat menghasilkan buah dan sanggup berbuah banyak, Anda tidak boleh lalai memberikan ZPT (Zat Perangsang Tumbuh). ZPT merupakan hormon tambahan yang dapat merangsang pertumbuhan tanaman supaya bisa tumbuh sesuai dengan apa yang kita kehendaki. Kita bisa membuat bagian daun, batang, atau buah tanaman melinjo ini tumbuh subur dengan memberikan ZPT yang sesuai. Penjelasan tentang ZPT khusus untuk merangsang pembentukan buah melinjo akan kami lakukan pada artikel berikutnya.