Menanam Bunga Kamboja dengan Stek Batang

Bagaimana cara menanam bunga kamboja dengan stek batang? Kamboja adalah sekelompok tanaman berbunga yang tergabung dalam genus Plumeria di famili Apocynaceae. Pohon berbentuk cukup besar dan memiliki daun yang tebal dan jarang. Bunganya berwarna putih kekuningan hingga merah keunguan serta memiliki aroma semerbak yang sangat khas. Pohon ini mempunyai sistem perakaran yang berjenis serabut.

Pohon kamboja termasuk tumbuhan yang mudah sekali untuk ditanam. Tanaman ini bisa diperbanyak menggunakan teknik stek batang, cangkok, biji, dan okulasi. Dari beberapa metode perbanyakan tersebut, stek batang merupakan metode yang paling mudah. Anda hanya perlu memotong cabang pohon kamboja yang usianya sudah cukup tua dan menanamkannya langsung di tanah.

Sayangnya, tidak sedikit para penghobi tanaman yang mengaku gagal ketika menyetek batang bunga kamboja. Penyebabnya mungkin ditimbulkan oleh penggunaan media tanam yang kurang tepat serta pemeliharaan bibit yang tidak benar. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kami akan berbagai panduan mengembangbiakkan kamboja melalui stek batang.

cara-menanam-bunga-kamboja.jpg

Alat dan Bahan :

  • Pohon kamboja
  • Tanah lempung
  • Pupuk kandang
  • Polybag
  • Cutter
  • Cetok
  • Ember
  • Zat perangsang tumbuh

Langkah-langkah :

  1. Siapkan pohon kamboja yang akan dijadikan sebagai tanaman indukan. Pohon tersebut harus memiliki kondisi yang sehat, bentuknya normal, dan sudah berusia cukup dewasa. Anda bisa mendapatkan bibit kamboja yang unggul di TokoTanaman.com.
  2. Pilih salah satu bagian cabang tanaman yang kondisinya benar-benar sehat dan memiliki diameter sekitar 3-5 cm. Potong cabang kamboja tersebut secara menyerong menggunakan cutter.
  3. Tuangkan ZPT (Zat Perangsang Tumbuh) secukupnya ke dalam suatu wadah. Rendamlah bagian pangkal potongan cabang kamboja tadi di wadah tersebut. Lama waktu perendaman yang ideal berkisar antara 10-15 menit. Setelah itu, cabang kamboja ini diangin-anginkan selama semalaman.
  4. Buatlah media tanam yang terdiri atas campuran tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 2:1. Kemudian masukkan media tanam ini ke dalam polybag sampai terisi penuh. Di sini Anda harus menggunakan tanah lempung atau tanah liat karena tanah ini sangat bagus dalam menahan air. Perlu diketahui, pohon kamboja akan tumbuh subur di lingkungan yang lembab tetapi tidak basah.
  5. Cabang bunga kamboja lantas ditanamkan ke dalam media tanam dengan kedalaman antara 5-8 cm. Pastikan cabang tersebut benar-benar berdiri tegak. Agar posisinya tidak mudah berubah, disarankan menancapkan bambu di samping cabang kamboja sebagai penyangganya. Kegagalan sewaktu menyetek kamboja juga bisa dikarenakan posisi cabang yang kerap berubah-ubah selama dalam masa pertumbuhan awal sehingga cabang ini tidak mampu membentuk akar dengan baik.
  6. Perawatan selama masa pembibitan cukup dilakukan dengan menyiram media tanam apabila kondisi permukaannya sudah terlihat agak mengering. Sebaiknya Anda memangkas beberapa daun tanaman tersebut untuk mengurangi tingkat penguapannya.

Semoga kali ini berhasil ya!