Manfaat Vetsin, Micin, atau MSG untuk Tanaman

Apakah manfaat vetsin, micin, atau MSG untuk tanaman? Ibu rumah tangga di Indonesia biasa menggunakan vetsin untuk menyedapkan cita rasa masakan yang dibuatnya. Vetsin memiliki rasa gurih yang begitu kuat sehingga dapat menjadikan rasa makanan semakin lezat. Meskipun begitu, penggunaan vetsin harus dibatasi dan tidak boleh berlebihan. Beberapa merek vetsin terkenal antara lain ajinomoto, sasa, dan moto cap mobil.

Tahukah Anda, vetsin mengandung unsur kimia yang terdiri dari C, H, O, N, dan Na. Kelima unsur kimia tersebut sangat dibutuhkan oleh tanaman untuk mendukung pertumbuhannya. Penggunaan vetsin telah terbukti dapat menyuburkan tanaman serta menjadikan tanaman lebih produktif. Khususnya unsur N yang bermanfaat bagi tanaman untuk merangsang pertumbuhan serta berperan penting dalam proses pembentukan zat protein dan lemak.

manfaat-vetsin-untuk-tanaman.jpg

Kami sendiri sekali dua kali sudah pernah mencoba mengaplikasikan vetsin untuk tanaman. Hasilnya pertumbuhan tanaman menjadi lebih bagus. Daunnya lebih hujan, berbuah lebih cepat dan lebih banyak, serta bunga tanaman semakin kuat. Disarankan mengaplikasikan vetsin sendiri agar hasilnya kelihatan. Apabila Anda tertarik untuk mencoba menggunakan vetsin ke tanaman, sebaiknya kenali fungsi-fungsinya terlebih dahulu.

  1. Menyuburkan Kondisi Tanaman

Percaya atau tidak, vetsin telah terbukti dapat menyuburkan kondisi tanaman. Tanaman yang semula tampak layu dan kurus akan berubah menjadi subur dan gemuk apabila rutin diberikan vetsin. Hal ini tidak terlepas dari kandungan natrium pada vetsin yang membuat pertumbuhan tanaman semakin optimal. Vetsin bisa Anda berikan melalui penyemprotan daun atau penaburan di sekeliling batang.

  1. Mempercepat Pertumbuhan Tanaman

Kondisi tanaman yang semakin subur membuat tingkat pertumbuhannya menjadi semakin cepat. Tanaman akan tumbuh semakin tinggi dan besar dalam waktu yang lebih singkat. Manfaatnya ialah daya tahan tanaman menjadi lebih kuat terhadap serangan hama dan penyakit. Anda pun dapat menikmati hasil dari tanaman tersebut dalam waktu yang lebih cepat dari biasanya.

  1. Merangsang Tumbuhnya Bunga

Anda mempunyai tanaman budidaya yang tidak memunculkan bunga padahal sudah waktunya? Cobalah memberikan vetsin secukupnya pada tanaman tersebut, lalu perhatikan hasilnya. Selang beberapa hari kemudian, tanaman sudah mampu menumbuhkan bunga akibat rangsangan yang diberikan oleh vetsin. Anda tidak perlu khawatir sebab bunga yang tumbuh sama saja seperti umumnya.

  1. Meningkatkan Daya Tahan

Vetsin dapat menguatkan tumbuh-tumbuhan yang Anda budidayakan. Kondisi tersebut berkat terpenuhinya unsur natrium yang diperlukan oleh tanaman untuk membentuk jaringannya. Daun, bunga, dan buah yang dihasilkan oleh tanaman tadi menjadi tidak gampang mengalami kerontokan. Tanaman pun menjadi lebih bandel dari hama-hama serta penyakit yang mencoba menyerangnya.

  1. Memperbanyak Produksi Buah

Tanaman-tanaman berbuah bisa Anda berikan vetsin supaya buah yang dihasilkannya semakin banyak. Contohnya seperti tanaman cabai atau tanaman tomat. Tanaman cabai yang rutin diberikan vetsin terbukti mampu memproduksi buah-buah cabai yang lebih banyak daripada biasanya. Kondisi buah yang dihasilkannya pun sangat bagus dengan ukuran yang besar dan permukaannya mulus.