Manfaat Anggur Ungu, Merah, dan Hijau serta Anggur Laut

Selain dimakan mentah, anggur juga ternyata sering banget dimanfaatkan menjadi beberapa olahan seperti minuman, selai, agar-agar, kismis, dan es krim. Seperti yang kita tahu, anggur sebenarnya  tidak cuma berwarna ungu, tetapi ada anggur merah dan ada pula anggur hijau. Kami yakin Anda pasti pernah mencicipi semua varian dari buah anggur ini. Ternyata warna-warni dari buah anggur ini mempengaruhi manfaat yang dimilikinya loh.

manfaat-buah-anggur.jpg

Anggur Ungu

Anda masih muda tetapi sudah muncul lipatan-lipatan keriput? Tenang saja. Anda bisa banget banget loh menundanya dengan memakan anggur yang warnanya hitam keunguan. Ingat ya hitam keunguan? Kenapa? Anggur hitam keunguan ini ternyata mempunyai zat  yang bernama resveratrol. Zat resveratrol ini mampu mencegah sel-sel sulit kita supaya tidak cepat menua. Tidak cuma itu, zat ini juga mampu menjaga tekanan darah di dalam tubuh supaya tetap stabil, melancarkan peredaran darah dan jantung, serta menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Ternyata semakin gelap warna anggur, kandungan zat resveratrolnya semakin tinggi loh.

Anggur Merah

Kalau dilihat-lihat mirip ya seperti anggur hitam keunguan. Ternyata manfaatannya juga sebelas dua belas nih. Anggur merah juga mempunyai kandungan resveratrol yang lumayan tinggi. Namanya juga masih satu jenis, ya kan? Tapi yang membedakannya adalah anggur merah ini memiliki kandungan quercetin yang bisa menjadi antioksidan untuk tubuh. Otomatis tubuh Anda bisa terlindungi dari serangan penyakit. Jadi Anda akan menjadi lebih kuat kalau rutin makan anggur merah.

Anggur Hijau

Wah, kalau anggur hijau juga tidak kalah sehat dong dengan anggur-anggur warna lainnya. Bedanya anggur hijau ini mempunyai antioksidan dengan jenis katekin. Ada yang belum tahu apa itu katekin? Jadi katekin adalah zat yang mampu mencegah peradangan atau pembengkakan di dalam tubuh kita. Tapi jangan bilang ya manfaatnya cuma itu. Yang mau kurus , bisa banget. Karena ternyata anggur hijau bisa menjadi salah satu alternatif loh untuk membantu Anda menurunkan berat badan. Pasti habis ini langsung laris manis deh anggur hijau ini.

manfaat-anggur-laut.jpg

ANGGUR LAUT

Mungkin di antara Anda masih asing ya dengan anggur laut. Berarti sama dong. Tapi sebenarnya anggur laut bukan termasuk varian buah anggur yang selama ini kita kenal, melainkan sejenis rumput laut. Hanya saja orang-orang sering menyebut tanaman ini sebagai anggur laut karena bentuknya mirip sekali dengan buah anggur dengan bulatan-bulatan yang jauh lebih kecil.

Sebenarnya di beberapa tempat di Indonesia, anggur laut ini mempunyai sebutan-sebutan sendiri. Misalnya di Lombok anggur laut disebut latoh atau lawi-lawi di Pulau Sulawesi. Kalau ingin mencoba anggur laut ini, Anda perlu merogoh kocek yang lumayan. Karena harganya sekitar Rp 200 ribu sampai Rp 750 ribu per kg tergantung kualitas. Ingat ini merupakan harga per kilo bukan harga per porsi.

Tenang saja anggur laut ini tidak akan mengecewakan Anda dengan harganya yang cukup mahal. Karena kandungan nutrisi di dalamnya sangat tinggi. Mangkanya tidak mengherankan kalau anggur laut ini mempunyai nilai ekonomi yang tinggi juga di pasaran. Memang apa sih manfaat anggur laut itu? Anggur laut bisa menjaga kesehatan rambut, merawat kelembutan kulit, mencukupi kebutuhan serat, mencegah obesitas, dan masih banyak lagi. Ternyata anggur laut ini sudah populer banget. Di Jepang, Filipina, China, Korea, bahkan di Eropa dan Amerika. Mereka biasanya mempunyai sebutan lain yaitu green caviar atau sea grape.