Yuk, Ikuti Tips Merawat Tanaman Srikaya Ini!

Srikaya (Annona squamosa) merupakan tanaman buah yang banyak dipelihara di pekarangan. Tanaman ini masih serumpun dengan sirsak. Ciri-ciri utamanya yaitu terdapat biji yang banyak di dalam buahnya. Buah sirsak mempunyai rasa yang manis dan banyak mengandung air. Buah ini lebih banyak dikonsumsi dengan mengolahnya terlebih dahulu menjadi minuman jus atau aneka camilan yang menggoda selera.

Anda mungkin juga sudah mempunyai tanaman srikaya di rumah? Jika ingin tanaman tersebut tumbuh subur dan rajin berbuah, Anda perlu merawatnya dengan baik. Tanaman srikaya yang senantiasa mendapatkan perawatan akan cepat tumbuh besar. Lantas, bagaimana sih caranya merawat tanaman srikaya yang benar itu? Sebab salah dalam memelihara tanaman ini justru akan mengakibatkannya tumbuh kerdil, jarang berbunga, hingga mati.

Berikut ini kiat-kiat dalam merawat tanaman srikaya agar tumbuh subur.

Cukupi Kebutuhan Dasar Tanaman

Tanaman srikaya termasuk makhluk hidup. Kebutuhan utamanya yaitu air dan makanan. Jadi siramlah tanaman ini secara teratur paling tidak setiap hari. Penyiraman sebaiknya dilakukan pada pagi hari sebagai bekal tanaman untuk melakukan fotosintesis pada malam harinya. Jangan siram tanaman terlalu sering sebab dapat mengakibatkan akarnya membusuk. Sedangkan untuk mencukupi kebutuhan makanannya, Anda bisa memberikan pupuk organik ke tanaman setiap sebulan sekali. Yang paling bagus yaitu pupuk kandang dari kotoran ayam.

Lakukan Pemangkasan Ranting

Tanaman srikaya memiliki dominasi apikal yang membuatnya cenderung tumbuh meninggi. Tanpa dilakukan pemangkasan, tanaman ini akan terus tumbuh semakin tinggi dengan jumlah percabangan yang sedikit. Padahal cabang ini begitu penting karena di sini tempatnya bunga-bunga srikaya akan tumbuh. Jumlah cabang tanaman srikaya mempengaruhi jumlah bunga dan buah yang mampu dihasilkannya.

Cara memangkas tanaman srikaya yaitu memotong cabang-cabang yang sudah tua, memiliki kondisi yang tidak baik, dan pertumbuhannya terhenti. Proses pemangkasan ini sebaiknya dikerjakan pada awal musim penghujan. Lakukan pemangkasan dengan hati-hati supaya tidak merusak tanaman tersebut. Nantinya dari cabang yang telah dipangkas tersebut akan tumbuh cabang-cabang baru lagi yang kondisinya jauh lebih segar.

Picu Tumbuhnya Bunga dengan Stressing

Anda mungkin bertanya-tanya sendiri mengapa pohon srikaya yang telah ditanam tak kunjung berbuah? Padahal Anda yakin usia pohon tadi sudah cukup waktunya untuk menghasilkan buah. Salah satu penyebabnya yaitu fase tumbuh pohon tersebut memang belum mencapai masa berbuah. Jadi wajar sekali bila buahnya tidak tumbuh. Untungnya Anda bisa merangsang tanaman agar segera berbuah lewat metode stressing. Tujuan dari metode ini yaitu membuat tanaman menjadi stres sehingga fase tumbuhnya berubah.

Sebenarnya tidak terlalu sulit kok untuk membuat tanaman srikaya menjadi stres. Anda hanya perlu membuat tanaman ini mengalami kekeringan. Hentikan penyiraman untuk sementara waktu sampai kondisi tanaman menjadi sekarat. Anda bisa mencobanya dari mengubah pola penyiraman menjadi seminggu sekali. Biarkan beberapa daunnya menguning dan berguguran. Biasanya setelah disiram akan tumbuh tunas-tunas daun dalam jumlah banyak di pucuknya. Jika jumlah tunas daun sudah banyak, siram lagi tanaman srikaya ini seperti biasanya.