Tips-tips agar Tanaman Kita Tumbuh Subur

Bagaimana caranya agar tanaman tumbuh subur? Manusia membutuhkan tanaman untuk mendukung kehidupannya. Setidaknya tanaman memproduksi oksigen yang menjadi kebutuhan dasar setiap umat manusia. Kita memerlukan oksigen yang dihasilkan oleh tumbuh-tumbuhan untuk bernapas. Kita juga membutuhkan daun, buah, bunga, umbi, batang, atau biji tanaman-tanaman tertentu sebagai bahan makanan.

Kini tanaman mempunyai fungsi tambahan sebagai penghias rumah tinggal. Tumbuh-tumbuhan yang dapat dijadikan hiasan adalah tanaman yang memiliki rupa menarik. Daya tarik tersebut bisa berasal dari bunganya yang sangat cantik, daunnya begitu indah, atau bentuk pohonnya yang unik. Bahkan tanaman yang kelihatannya biasa-biasa saja pun dapat menjadi istimewa karena populasinya sudah langka.

Anda juga mungkin sudah menanam tumbuh-tumbuhan di pekarangan? Biar tanaman yang Anda pelihara tumbuh subur, ikuti kelima tips berikut ini :

  1. Gunakan Media Tanam yang Pas

Tahukah Anda, tanaman memiliki habitat yang berbeda-beda. Ada tanaman yang akan tumbuh bagus di tanah yang mengandung banyak humus. Ada tanaman yang akan tumbuh subur di tempat-tempat yang tergenangi air. Ada pula tanaman yang bisa tumbuh dengan baik apabila ditanam di media yang berpasir dan minim air. Anda harus mengetahui habitat asli semua tanaman yang Anda miliki. Kemudian gunakan media tanam yang tepat untuk tumbuhan tersebut.

  1. Siram Air sesuai Kebutuhannya

Jangan salah kaprah dalam merawat tanaman. Tidak selamanya menyiram tanaman memakai air setiap hari itu bagus untuk pertumbuhannya. Sebab tidak semua tanaman membutuhkan air yang jumlahnya banyak. Tanaman yang berasal dari gurun seperti kaktus dan sukulen serta adenium justru memerlukan sedikit air. Tanaman yang biasanya perlu banyak air pun akan mengurangi kebutuhannya saat dipelihara di pot. Menyiram tanaman paling baik dilakukan saat kondisi media tanam agak kering.

  1. Berikan Pupuk secara Tepat

Semua makhluk hidup membutuhkan makanan. Tak terkecuali pula dengan tanaman-tanaman milik Anda. Tanaman tersebut mencari makanan menggunakan akarnya dengan menyerap zat hara yang terkandung di dalam tanah. Untuk mencukupi kebutuhan makanannya, Anda bisa menaburkan pupuk di sekitar batang tanaman tersebut. Berikanlah pupuk secara tepat, baik dosis, waktu, maupun aplikasinya. Hindari memberikan terlalu banyak pupuk karena justru dapat menjadi racun.

  1. Pastikan Mendapat Sinar Matahari

Sinar matahari juga menjadi kebutuhan dasar setiap tanaman. Bagi tumbuh-tumbuhan, sinar matahari berguna sebagai media untuk memasak bahan makanan. Cahaya matahari mempunyai peranan yang sangat penting dalam proses fotosintesis. Berkat sinar matahari, tanaman bisa mengubah zat hara menjadi nutrisi untuk mendukung pertumbuhannya. Namun Anda juga perlu menyesuaikan prosentase sinar matahari yang mengenai tanaman sebab jumlah kebutuhannya berbeda-beda.

  1. Bebaskan dari Hama dan Penyakit

Tanaman dapat mengalami kerusakan fatal akibat ulah binatang-binatang liar yang biasa disebut hama. Tanaman juga bisa terkena penyakit yang mengakibatkan pertumbuhannya terhambat atau bahkan mati. Tugas Anda di sini adalah memastikan tanaman tidak terkena serangan hama dan penyakit dengan jalan merawatnya setiap hari. Jika tanaman menunjukkan gejala-gejala awal terkena serangan, sebaiknya Anda lekas memberikannya obat penangkal berupa pestisida, insektisida, atau fungisida yang sesuai.