Tips agar Aglaonema Cepat Beranak

Aglaonema merupakan tanaman hias yang mempunyai daun yang indah sekali. Tumbuhan ini memiliki daun dengan corak dan warna yang beraneka rupa. Warnanya tidak hanya hijau, tapi juga merah, pink, jingga, kuning dan putih. Warna-warna ini berpadu membentuk harmonisasi warna yang sangat memesona. Perkembangan aglaonema terbilang sangat pesat ditandai dengan banyaknya jenis-jenis aglaonema baru yang bermunculan.

Indahnya aglaonema bukan berarti lantas membuat tanaman ini sulit dipelihara. Kenyataannya aglaonema termasuk salah satu tanaman hias yang mudah ditanam. Tanaman aglaonema sejatinya membutuhkan air yang cukup banyak untuk mendukung kehidupannya. Tetapi bukan berarti lantas Anda menanamnya di media tanam yang tergenangi air ya. Sebab hal ini justru akan membuat tanaman membusuk. Anda harus menyirami tanaman aglaonema setiap hari agar tumbuh subur.

Habitat alami aglaonema terletak di pedalaman hutan tropis yang memiliki tingkat kelembaban udara yang cukup tinggi. Tanaman ini juga tidak terlalu menyukai sinar matahari. Aglaonema yang ditanam di tempat terbuka sering mengalami kerusakan pada daunnya akibat terbakar sinar mentari. Jadi bagi Anda yang sudah mempunyai aglaonema di rumah, silakan Anda jemur aglaonema mulai dari jam 8-12 siang. Lalu pindahkan lagi ke tempat yang teduh.

Tanaman aglaonema bisa dikembangbiakkan melalui berbagai cara. Salah satunya tanaman ini bisa berkembang biak secara generatif memakai anakan. Anda tentu ingin sekali aglaonema di rumah sanggup menghasilkan anakan sehingga koleksi aglaonema Anda di rumah semakin banyak. Ternyata ada loh caranya merangsang tumbuhan aglaonema supaya lekas beranak dan jumlah anakan yang dihasilkannya pun banyak.

Merangsang Aglaonema dengan ZPT

Rahasianya adalah kita bisa menggunakan ZPT (Zat Pengatur Tumbuh). ZPT merupakan zat yang secara khusus diciptakan untuk merangsang pertumbuhan tanaman. ZPT berbeda dengan pupuk. ZPT berfungsi untuk membantu proses penyerapan unsur hara. Sedangkan pupuk menyediakan unsur hara di media tanam. Anda bisa mendapatkan ZPT di toko tanaman atau toko pertanian setempat dengan harga yang terjangkau.

Namun Anda jangan sampai salah dalam memilih ZPT untuk merangsang tumbuhnya anakan pada tanaman aglaonema. Pasalnya di pasaran tersedia bermacam-macam produk ZPT dengan merek yang berbeda-beda. Khusus untuk memicu tumbuhnya anakan, Anda bisa memakai ZPT yang berjenis sitokinin. Istilah sitokinin sendiri berasal dari kata cytokinese yaitu hormon yang mampu merangsang pembelahan sel. Anda bisa memberikan ZPT ini untuk merangsang produksi anakan aglaonema.

Cara menggunakan ZPT sitokinin yaitu tanaman aglaonema disemprot setiap 2-3 minggu. Anda bisa menyemprot pada bagian batang sampai ke bagian perakaran tanaman. Pastikan Anda menggunakan ZPT ini sesuai dengan dosis yang dianjurkan pada kemasannya. Kemudian Anda  harus memberikan pemupukan susulan dalam waktu 3 hari setelah dilakukan penyemprotan. Selang tak beberapa lama, tanaman aglaonema pun pasti akan menumbuhkan anakan.

Silakan dicoba!