Tanaman Buah Khas Asli 100% dari Indonesia

Apa saja buah-buahan yang berasal dari Indonesia? Sebagai warga negara Indonesia, kita patut bersyukur karena negara kita tercinta ini dianugerahi tanah yang subur. Berbagai jenis tumbuh-tumbuhan bisa dengan mudah hidup di Bumi Pertiwi. Bahkan tanaman-tanaman dari luar negeri pun tumbuh dengan baik di negeri kita. Indonesia juga dikenal sebagai salah satu paru-paru dunia sebab mempunyai hutan yang sangat lebat yang ditumbuhi banyak pepohonan.

Jadi bukanlah suatu kabar yang mengejutkan lagi apabila dari sekian banyak jenis pepohonan yang tumbuh di hutan-hutan tersebut, beberapa di antaranya merupakan tanaman asli Indonesia. Termasuk untuk pepohonan jenis buah-buahan ada tanaman yang 100% khas dari Indonesia. Sebagai warga negara yang baik, Anda sepatutnya berbangga dengan kekayaan dari negeri kita ini. Bukan sebatas omong kosong belaka, tetapi diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari dengan lebih memilih buah-buahan lokal daripada buah impor.

Berikut ini merupakan daftar dari buah-buahan asli Indonesia :

  1. Durian

Rajanya buah ini ternyata benar-benar asli dari Indonesia loh. Pohon durian adalah tanaman endemik khas dari Pulau Kalimantan dan Pulau Sumatera. Pohon ini tumbuh subur di hutan-hutan yang terletak di kedua pulau tersebut. Namun meski ada banyak orang yang suka dengan buah durian, masih sedikit yang mengetahui fakta ini. Kini pohon durian sudah tersebar ke seluruh dunia. Salah satu negara lain yang sukses mengembangkan durian ialah Thailand.

  1. Manggis

Manggis sering dijuluki sebagai ratunya buah. Ini dikarenakan penampilan buah ini begitu cantik dengan mahkota di bagian atasnya. Buah manggis juga memiliki rasa yang manis segar. Itulah kenapa Ratu Victoria dari Inggris sangat menyukainya. Buah manggis sendiri banyak mengandung vitamin dan antioksidan yang bagus untuk kesehatan tubuh kita. Bahkan kulitnya pun sering dijadikan sebagai bahan baku pembuatan obat herbal.

  1. Kedondong

Kedondong adalah tanaman buah yang berasal dari wilayah Indonesia bagian Timur. Tanaman ini cukup unik karena mempunyai buah dengan biji yang dipenuhi serabut-serabut kasar. Rasanya pun sangat masam sehingga sering dijadikan sebagai bahan baku untuk membuat rujak, asinan, dan sup. Walaupun asalnya dari Bumi Nusantara, tetapi orang luar negeri mengenal kedondong dengan sebutan ambarella.

  1. Jambu Air

Jambu air tumbuh baik di Negara Indonesia yang notabene mempunyai iklim tropis. Asal dari tanaman yang satu ini adalah dari Pulau Jawa. Oleh karena itu, masyarakat global mengenal jambu air dengan nama java apple. Mungkin karena sekilas bentuk buah jambu air ini mirip seperti apel sehingga diberi sebutan demikian. Jambu air memiliki beberapa jenis yang dibedakan menurut warna permukaannya yaitu merah, hijau, dan putih.

  1. Belimbing

Tahukah Anda kalau belimbing berasal dari Pulau Maluku? Buah dengan penampang yang berbentuk bintang ini memiliki rasa manis asam dengan kandungan air yang cukup banyak sehingga terasa begitu segar. Tak heran kalau orang-orang luar negeri menyebutnya sebagai starfruit. Buah belimbing bisa dibuat menjadi berbagai olahan makanan seperti rujak, asinan, dan salad. Buah ini juga bisa dijadikan minuman jus yang sangat menyegarkan.

  1. Pisang

Pisang juga ternyata 100% asli Indonesia loh. Buah ini kaya akan kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan. Anda bisa menjadikan buah pisang sebagai sumber energi alternatif yang menyehatkan. Indonesia mempunyai banyak olahan makanan dan jajanan tradisional yang menggunakan bahan baku pisang. Di antaranya seperti nagasari, kolak, palubutung, dan sebagainya. Jenis-jenis pisang juga ada banyak sekali. Di Eropa dan Amerika, buah pisang biasa diolah menjadi aneka dessert.

  1. Rambutan

Disebut rambutan karena buah yang satu ini memiliki kulit buah yang diselubungi semacam rambut. Rasanya yang manis asam dan banyak mengandung air membuat buah rambutan memiliki banyak penggemar. Tidak heran kalau banyak pekarangan rumah-rumah di Indonesia yang ditumbuhi tanaman ini. Sayangnya meski buah rambutan berasal dari negara kita, justru Malaysia dan Thailand lah yang menguasai buah rambutan di pasar internasional.