Simak Cara Menanam Biji Cermai untuk Pemula

Bagaimana cara menanam biji cermai? Cermai (Cicca acida) dikenal sebagai tanaman hias yang biasanya dipelihara di pekarangan rumah. Pohon cermai mampu tumbuh hingga ketinggian 10 meter dengan percabangan yang banyak dan kulit kayunya tebal. Cermai memiliki buah yang rasanya sangat masam/kecut meskipun sudah matang.

Kebanyakan orang menyukai tanaman cermai karena bentuk pohonnya yang menarik. Sekilas tampak seperti belimbing wuluh, tetapi buahnya yang berbentuk bulat memberikan keindahan tersendiri. Meski rasanya masam, buah cermai juga kerap diolah menjadi berbagai masakan. Misalnya rujak, manisan, sayur asam, sup ikan, dan lain-lain.

Apakah Anda ingin menanam biji cermai? Ikuti panduan selengkapnya berikut ini!

  1. Ambil buah cermai yang sudah matang, lebih direkomendasikan buah yang telah jatuh dari pohonnya. Kemudian kupas buah tersebut untuk diambil bagian bijinya saja. Hati-hati saat mengupas jangan sampai biji cermai tergores.
  2. Rendam biji cermai tadi di air bersih dalam waktu semalam. Keesokan harinya, ambil biji yang tenggelam. Biji cermai yang tetap terapung di permukaan air menandakan isinya sudah kopong. Selanjutnya keringkan biji tersebut dengan mengangin-anginkannya selama 2-3 hari.
  3. Siapkan media persemaian yang terdiri atas campuran tanah liat, pasir, dan pupuk kompos. Aduk sampai bahan-bahan tersebut tercampur merata. Lalu masukkan media persemaian ini ke dalam kotak yang akan dijadikan sebagai tempat persemaian.
  4. Buat lubang tanam sebesar jari telunjuk dengan kedalaman sekitar 1 cm. Jarak antar tiap-tiap lubang bisa dibuat antara 3-5 cm. Masukkan biji cermai ke dalam lubang tersebut masing-masing cukup sebiji saja. Jangan lupa urug kembali lubang tanamnya ya.
  5. Letakkan kotak persemaian di tempat yang bisa mendapatkan sinar matahari langsung, namun terhindar dari hujan. Siram tempat semai ini secara berkala untuk menjaga kelembaban media tanam. Cabut rumput yang tumbuh di dalamnya agar tidak mengganggu pertumbuhan biji cermai. Biasanya biji cermai akan mulai tumbuh dalam waktu 7-14 hari.
  6. Setelah sebulan waktu persemaian atau bibit cermai sudah mempunyai minimal 3 daun, Anda bisa memindahkannya ke dalam polybag yang terpisah. Tujuannya untuk menyediakan ruang yang cukup guna mendukung pertumbuhan bibit tersebut. Proses pemindahan ini harus dilakukan dengan hati-hati, jangan sampai ada bagian akar yang terputus.
  7. Perawatan bibit tanaman cermai di polybag masih sama seperti sebelumnya. Lakukan penyiraman paling tidak dua kali sehari serta bersihkan media tanam dari gulma yang tumbuh di dalamnya. Pemupukan ulang juga perlu dilaksanakan setiap sebulan sekali untuk meningkatkan kesuburan media tanam.
  8. Bibit cermai bisa dipindahkan ke tanah pekarangan apabila tingginya sudah mencapai 30-40 cm. Pada kondisi ini, daya tahan yang dimiliki oleh tanaman tersebut jauh lebih kuat sehingga mampu beradaptasi dengan baik terhadap lingkungan barunya.