Rahasia agar Biji Tanaman Cepat Berkecambah

Bagaimana caranya agar biji tanaman cepat berkecambah? Tumbuh-tumbuhan berkembang biak secara alami dari biji. Mula-mula biji tersebut tumbuh menjadi kecambah yang memiliki akar kecil dan tunas daun. Selanjutnya kecambah akan tumbuh besar hingga menjadi sebuah tanaman. Biji merupakan metode perkembangbiakkan tanaman secara generatif. Oleh sebab itu, kita pun dapat menumbuhkan suatu tanaman menggunakan bijinya. Biji tanaman yang bisa ditumbuhkan disebut benih.

Menanam tumbuh-tumbuhan memakai bijinya merupakan cara yang paling mudah. Anda tinggal menyemainya terlebih dahulu sampai biji tadi berubah menjadi kecambah. Kecambah inilah yang nantinya bisa Anda tanam di pot atau polybag yang berisi media tanam. Namun kenyataannya tidak sedikit pembeli benih di TokoTanaman.com yang masih merasa kesulitan dalam menyemai biji tanaman. Jadilah kami sengaja membuat artikel kita dengan tujuan agar Anda semua berhasil melakukannya.

Di bawah ini upaya-upaya yang perlu Anda lakukan dalam menyemai benih supaya peluang keberhasilannya lebih besar.

Alat dan Bahan :

  • Benih
  • Air
  • Ember
  • Bawang merah
  • Kapas
  • Gelas plastik berwarna hitam

Langkah-langkah :

  1. Benih tanaman yang sudah Anda terima dari kurir tidak boleh langsung disemaikan. Anda harus mengangin-anginkannya dulu selama 1-2 jam supaya suhunya menjadi normal.
  2. Tuangkan air ke dalam ember kecil. Masukkan semua biji tanaman ke ember tersebut. Rendam biji-biji ini di air selama 8-10 jam.
  3. Lakukan penyortiran terhadap biji tanaman yang telah direndam tadi. Pilih hanya biji yang tenggelam di air. Sedangkan biji yang terapung di air dibuang saja karena sudah kopong.
  4. Buat zat pengatur tumbuh dari campuran air dan tumbukan bawang merah dengan perbandingan 1:2. Biji tanaman terpilih tadi lantas direndam sekal lagi di dalam campuran tersebut selama 3 jam.
  5. Siapkan media pemicu penyemaian dengan memasukkan kapas ke dalam gelas. Tetesi memakai air secukupnya agar kondisi kapas menjadi basah. Susun biji-biji tadi di atas kapas dan tidak boleh bertumbukan.
  6. Letakkan gelas ini di tempat yang kondisinya gelap tetapi tidak terlalu lembab. Contohnya di bawah kolong tempat tidur. Biarkan selama 1-3 hari sampai biji memunculkan warna hitam di kedua ujungnya.
  7. Biji yang ujung-ujungnya telah berwarna hitam menandakan kalau siap untuk disemai. Anda bisa menyemaikan biji tersebut menggunakan media berupa campuran tanah dan pupuk kompos.