Panduan Stek Batang Tabebuya yang Baik dan Benar

Buatlah suasana rumah tinggal Anda menjadi sejuk, asri, dan alami dengan menanam tumbuh-tumbuhan. Anda bisa menanam pepohonan yang dapat berfungsi sebagai peneduh sehingga bisa memperoleh manfaat lain dari pohon tersebut. Kalau Anda juga menginginkan tumbuhan peneduh yang indah, cobalah menanam tabebuya. Akhir-akhir ini popularitas pohon tabebuya meningkat pesat. Pohon ini disebut-sebut memiliki bunga yang mirip sakura.

Jadilah pohon tabebuya dianggap sebagai tanaman sakura tropis. Tanaman ini mempunyai kecenderungan berbunga yang hampir sama seperti pohon sakura. Sebelum menumbuhkan bunga, pohon tabebuya akan menggugurkan hampir sebagian besar daunnya. Daun tabebuya akan mengering secara perlahan-lahan, lalu berguguran di bawah pohonnya. Selang tidak lama kemudian bunga-bunga tabebuya pun akan tumbuh dan bermekaran.

Pohon tabebuya akan terlihat sangat indah tatkala bunga-bunganya mulai bermekaran. Semua bagian tanaman ini akan dipenuhi oleh bunga yang begitu cantik. Kami jamin Anda juga pasti akan merasa takjub melihat pemandangan ini. Kalau ada tanaman tabebuya di sekitar Anda, Anda dapat mengambil batangnya untuk ditanam kembali. Metode perbanyakan tumbuhan seperti ini dinamakan stek batang. Lumayan kan daripada Anda harus membeli bibitnya?

Alat dan Bahan :

  • Batang tabebuya
  • ZPT (Zat Perangsang Tumbuh)
  • Fungisida
  • Cocopeat
  • Gelas plastik bening
  • Kantung plastik

Langkah-langkah :

  1. Sebagai bahan utama untuk melakukan stek pohon tabebuya, Anda membutuhkan cabang tanaman yang tepat. Cabang ini harus sudah cukup tua, kondisinya sehat, dan memiliki diameter minimal 1 cm.
  2. Setelah menemukan cabang yang tepat, potonglah cabang tersebut menggunakan gunting taman, cutter, atau sabit yang tajam. Usahakan hasil potongannya rapi serta tidak mempunyai serabut.
  3. Potongan cabang tabebuya lantas dibersihkan dari daun-daun yang tumbuh di sepanjang batangnya. Anda hanya perlu menyisakan 3 helai daun saja, termasuk bagian pucuknya. Hal ini dilakukan untuk mengurangi penguapannya. Kalau terlalu tinggi penguapannya, cabang tersebut malah akan mengering.
  4. Siapkan fungisida yaitu bahan kimia khusus yang berfungsi untuk membasmi jamur dan cendawan. Biasanya cabang tanaman yang baru dipotong memang sangat rentan diserang oleh jamur/cendawan. Oleskan fungisida tepat di bekas potongannya.
  5. Tuangkan ZPT (Zat Perangsang Tumbuh) secukupnya ke dalam mangkuk kecil. Lalu masukkan potongan cabang tabebuya ke dalam mangkuk tersebut. Biarkan cabang ini menghisap ZPT selama 15-30 menit.
  6. Media tanam yang bagus dipakai untuk menanam cabang stek yaitu cocopeat. Cabang tanaman yang ditanam di cocopeat akan cepat tumbuh dan terhindar dari serangan hama. Apalagi kalau Anda memakai cocopeat yang steril. Masukkan cocopeat ini ke dalam gelas plastik bening sampai terisi penuh.
  7. Tanamkan cabang tabebuya pada media tanam cocopeat dengan menancapkannya sedalam 2-3 cm. Pastikan cabang tabebuya ini dapat berdiri tegak. Setelah itu, Anda bisa memasang kantung plastik bening menutupi cabang tersebut untuk mengurangi tingkat penguapannya.
  8. Tanaman ini lantas diletakkan di tempat yang teduh. Usahakan tanaman tersebut tidak terkena sinar matahari secara langsung selama proses penyetekan masih berlangsung. Untuk menjaga kelembabannya, Anda perlu menyirami tanaman setiap 2-3 hari.
  9. Teruslah merawat cabang tabebuya yang sedang ditanam dengan sebaik-baiknya. Jika bagian tunas pucuk daunnya tetap segar dan terus tumbuh, tandanya proses penyetekan yang Anda lakukan mungkin akan berhasil. Perhatikan pula pertumbuhan bagian akarnya.
  10. Pantau terus pertumbuhan akar cabang tabebuya. Semakin lama, jumlah cabang ini akan semakin banyak dan semakin panjang hingga memenuhi wadah penanamannya. Cabang tersebut pun akan bertambah tinggi karena mengalami pertumbuhan. Anda bisa memindahkannya bila tanaman sudah cukup besar.