Manfaat Pohon Kelor untuk Kesehatan

Apakah manfaat pohon kelor untuk kesehatan? Kelor (Moringa oleifera) mengandung aneka ragam gizi yang bisa dimanfaatkan untuk mengobati berbagai penyakit. Hampir semua bagian dari tanaman ini dapat memberikan khasiat bagi tubuh manusia. Tanaman ini dikenal pula mengandung nilai gizi yang tinggi.

Hasil penelitian secara kimia menunjukkan bahwa setiap 100 gram daun kelor mengandung za-zat di antaranya :

  • Ferum 26,79 mg
  • Kalsium 1249,25 mg
  • Kalium 0,09%
  • Protein 24,27%
  • Vitamin A 24916,85 IU
  • Vitamin C 414,13 mg

Berdasarkan penelitian oleh Estrella et al (2000) serta Siddhuraju dan Becker (2003), daun kelor berkhasiat untuk meningkatkan produksi asi dan sering diresepkan untuk mengatasi anemia. Menurut Fuglie (2005), sebanyak 8 gram serbuk daun kelor bisa memberikan kontribusi zat gizi kepada balita yaitu 14% protein, 40% kalsium, 23% zat besi, dan hampir semua kebutuhan vitamin A. Sementara itu, Nur Multiawati (2012) berpendapat daun kelar memiliki manfaat untuk anti kanker payudara.

Di bawah ini manfaat-manfaat yang dimiliki oleh tanaman kelor, antara lain :

Daun

Daun kelor mengandung manfaat untuk menghambat pertumbuhan tumor, menurunkan kadar kolesterol, menurunkan lemak, menurunkan gula darah, serta obat amandel dan sakit mata. Beberapa orang juga kerap menggunakan daun kelor untuk mengatasi rematik, menyembuhkan pegel linu dan encok, meredakan nyeri, mengobati penyakit kuning, dan mengatasi alergi.

Akar

Air hasil dari rebusan akar kelor bisa dipakai untuk menyembuhkan rematik, epilepsi, antiskorbut, diuretikum, dan gonorhoea. Akar kelor juga berkhasiat untuk meluruhkan air seni, mengatasi batuk berdahak, meluruhkan haid, meningkatkan nafsu makan, serta meredakan kejang-kejang. Selain direbus, akar kelor pun dapat dioleh dengan cara ditumbuk halus menjadi bedak untuk tapel perut pada bayi yang baru lahir, mengobati penyakit kulit, dan meredakan bengkak.

Kulit Batang

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh para ahli, kulit batang pohon kelor cukup mujarab bila digunakan sebagai penawar racun ular dan kalajengking. Ekstrak kulit batang kelor pun memiliki manfaat yang bagus untuk mengatasi pembengkakan, karang gigi, dan sariawan.

Buah

Bagian buah kelor bisa diolah menjadi obat alami untuk merangsang sistem pencernaan makanan. Air rebusan bunga kelor bahkan dapat dijadikan ramuan untuk mengatasi radang tenggorokan, menyembuhkan flu, dan mengobati cacingan.

Biji

Tahukah anda, biji kelor sangat aktif digunakan untuk menjernihkan air. Oleh pabrik, biji-biji kelor biasanya diproduksi menjadi obat-obatan, kosmetik, dan minyak nabati.