Jurus Rahasia : Cara Mematikan Pohon Bambu Paling Ampuh

Biasanya lahan kosong yang tidak digunakan akan ditanami pohon bambu terlebih dahulu. Pohon ini sengaja dipilih karena bisa tumbuh subur meskipun tidak dirawat sama sekali. Anda tinggal menanam bibit bambu satu kali saja, maka bibit-bibit ini akan tumbuh semakin besar serta membentuk rumpun bambu yang sangat rimbun. Pohon bambu juga dipilih karena mampu menyuburkan tanah. Selain itu, bambu-bambu yang tumbuh dapat kita manfaatkan untuk berbagai keperluan.

Kini tiba waktunya bagi lahan tersebut untuk digunakan sebagai lahan pertanian. Anda akan menanami tumbuh-tumbuhan di sini. Sehingga Anda pun harus menyingkirkan rumpun bambu ini supaya lahannya bisa ditanami. Kalau Anda menebangi pohon-pohon bambu ini satu per satu, maka pasti akan memakan banyak tenaga, waktu, dan biaya. Sebagai alternatifnya, Anda dapat langsung mematikan pohon-pohon bambu tersebut. Dengan prosedur yang benar, metode ini aman dilakukan.

Terdapat beberapa bahan yang dapat digunakan untuk mematikan pohon bambu, antara lain :

Herbisida

Herbisida sejatinya merupakan bahan kimia yang telah diformulasikan secara khusus untuk membasmi gulma. Proses pengendalian gulma biasanya dilakukan menggunakan herbisida. Proses ini dapat berjalan secara efektif dan efisien, di mana pengendalian gulma bisa sampai ke bagian akarnya. Beberapa jenis herbisida yang bisa dipakai antara lain roundup, kleen up, starlon, dan nuquat. Gunakanlah herbisida dengan konsentrasi 15-20 persen.

Siapkan herbisida dengan mencampurkannya memakai air. Perbandingan yang dipakai yaitu 30-40 ml herbisida dicampur dengan 15 liter air bersih. Aduklah bahan-bahan ini agar tercampur secara merata. Sebelumnya rumpun bambu yang akan dimatikan perlu ditabung terlebih dahulu hingga menyisakan batang setinggi 30-50 cm supaya herbisida dapat diserap maksimal. Setelah itu, Anda bisa meyiramkan atau menyemprotkan larutan herbisida ke seluruh bagian rumpun bambu ini.

Ampas Kelapa

Kalau mau solusi yang alami untuk mematikan rumpun bambu sampai ke akarnya, Anda bisa memakai ampas kelapa. Ampas kelapa ini ternyata dapat dimanfaatkan untuk membusukkan pangkal batang dan akar bambu. Tapi sebelumnya Anda perlu menebangi pohon bambu sampai tersisa cuma bagian pangkal batangnya saja. Kemudian Anda taburkan ampas kelapa yang cukup banyak tepat di atas pangkal batang rumpun bambu tersebut. Kini tinggal menunggu saja sampai bambu membusuk hingga ke akar.

Karbit

Karbit ternyata mempunyai fungsi lain yang cukup banyak. Selain buah digunakan untuk memeram buah agar cepat matang, karbit juga bisa dimanfaatkan untuk mematikan pohon bambu loh. Caranya mudah sekali. Anda tinggal menebarkan karbit secara merata ke dalam rumpunan pohon bambu. Lalu biarkan selama 1-2 hari. Setelah itu, siramilah rumpun bambu ini sedikit saja seperti halnya hujan gerimis. Hal ini dilakukan untuk memicu karbit bereaksi dengan air sehingga menghasilkan gas yang panas. Kini tinggal menunggu waktu saja. Dalam kurun 5-7 hari, semua pohon bambu ini akan mengering karena mati.

Pohon Singkong

Kalau Anda enggan memakai karbit karena khawatir bisa mencemari tanah dan lingkungan di sekitarnya, cobalah menanam pohon singkong di sekitar rumpun bambu ini. Dijamin deh cepat atau lambat, pohon bambu tersebut akan mati karena terusik dengan keberadaan pohon singkong. Ternyata nih tanaman singkong bisa memicu hawa panas di dalam tanah yang dapat mematikan rumpun bambu. Anda tinggal menanam batang-batang singkong secara rapat mengelilingi rumpun bambu. Hasilnya, pohon singkong akan tumbuh subur tetapi pohon bambu di tengah-tengahnya pasti bakal mati.

Ban Bekas

Sebenarnya kami tidak merekomendasikan cara ini, khususnya untuk lahan yang akan ditanami tanaman pertanian. Mengapa? Sebab metode ini memang dapat merusak kualitas tanah yang sebetulnya sudah menjadi sangat subur dan gembur setelah ditumbuhi pohon bambu. Namun bila Anda sudah mencoba berbagai cara di atas tetapi hasilnya nihil, tak ada salahnya Anda mencoba trik ini.

Caranya yaitu silakan Anda tebang semua pohon bambu terlebih dahulu hingga menyisakan batang setinggi 50-80 cm. Lalu bakarlah ban bekas tepat di atas batang-batang bambu ini. Biar nyala apinya semakin besar, Anda bisa menuangkan minyak tanah atau oli. Niscaya pohon bambu yang terbakar dan terkena panas secara ekstrem ini akan mati sampai ke bagian akarnya.