Jenis-jenis Rumput yang Bagus untuk Taman Minimalis

Apa sajakah jenis-jenis rumput yang bagus untuk taman minimalis? Pembuatan taman yang berdesain minimalis kurang sempurna tanpa adanya rumput sebagai lantainya. Tidak hanya memperindah panorama taman secara keseluruhan, rumput juga mampu menghijaukan taman sehingga dapat menenangkan siapa pun yang melihatnya. Pas sekali dengan konsep dasar desain minimalis itu sendiri.

Tahukah Anda, sekarang sudah ada banyak sekali jenis rumput hias yang dapat digunakan untuk memperindah taman. Jadi Anda tidak melulu harus menggunakan rumput jepang atau rumput gajah mini. Beberapa rumput yang kini tengah naik daun di Indonesia yaitu rumput swiss, rumput golf, dan rumput peking.

Yuk, berkenalan dengan kelima jenis rumput hias di bawah ini!

  1. Rumput Jepang

Rumput jepang sudah dikenal lama oleh masyarakat Indonesia sebagai rumput hias yang sangat bagus dipakai untuk mempercantik pekarangan rumah. Alasannya karena rumput ini mempunyai postur yang rapi, bentuk daunnya lurus, dan jumlah daunnya pun lebat. Sayangnya, rumput jepang membutuhkan perawatan yang rutin seperti penyiraman 2 kali/hari, pemupukan 1 kali/bulan, dan pemangkasan 2 kali/bulan. Rumput jepang juga harus mendapat sinar matahari langsung agar bisa tumbuh optimal.

  1. Rumput Gajah Mini

Rumput gajah mini begitu diminati di tahun 2015 kemarin. Penyebab utamanya ialah kemudahan dalam merawat rumput ini. Rumput gajah mini tidak perlu disiram setiap hari asalkan kondisi media tanamnya cukup lembab. Pemupukannya pun hanya perlu dilakukan sesekali dan pemangkasannya sebulan sekali.

Rumput ini tetap bisa tumbuh dengan baik meskipun hanya mendapat sinar matahari sebanyak 50% (tidak langsung). Keunggulan lainnya adalah rumput gajah mini tahan terhadap injakan kaki manusia. Ada pula rumput gajah mini berjenis variegata yang mempunyai daun berwarna hijau keputih-putihan.

  1. Rumput Swiss

Dibandingkan dengan rumput-rumput hias lainnya, rumput swiss memiliki ukuran paling halus. Jadi jangan heran kalau harga bibit rumput swiss cukup mahal dan perawatannya pun lebih rumit. Rumput ini memerlukan cahaya matahari setidaknya 80% serta pemangkasan dan pemupukan sebulan sekali. Rumput swiss tidak terlalu menyukai air sehingga usahakan kondisi taman Anda cukup kering untuk menanam rumput ini.

  1. Rumput Golf

Dinamakan rumput golf karena umumnya jenis rumput ini ditanam di lapangan golf. Rumput ini berukuran pendek dan seragam sehingga terlihat sangat menawan. Alasan yang mendasari kenapa rumput golf jarang dipelihara di taman rumah yaitu harganya mahal dan perawatannya pun susah. Agar bisa tumbuh bagus, rumput ini membutuhkan penyinaran matahari secara penuh, pemangkasan dua kali sebulan, dan jangan diinjak.

  1. Rumput Peking

Secara umum, karakteristik rumput peking mirip sekali dengan rumput jepang. Perbedaan keduanya terletak pada jumlah daun rumput peking lebih jarang dan tekstur yang dimilikinya pun lebih halus. Hal ini membuat taman yang ditanami rumput peking terlihat mewah. Walaupun harganya cukup mahal, rumput peking mudah ditanam dan dirawat sebab mempunyai daya tahan yang tinggi.