Inilah Cara agar Pohon Petai Cepat Berbuah

Bagaimana caranya agar pohon petai cepat berbuah? Buah petai mempunyai penggemar yang sangat banyak, termasuk Anda salah satunya. Buah ini bisa dijadikan sebagai bumbu penyedap masakan maupun lalapan. Kandungan minyak atsiri yang terdapat di dalam buah petai dapat meningkatkan nafsu makan serta melezatkan cita rasa suatu masakan. Buah petai ternyata juga banyak mengandung vitamin dan mineral yang bagus untuk tubuh.

Anda yang mengaku sebagai pencinta buah petai tentunya ingin memakan buah ini sepuas-puasnya kan? Solusinya gampang sekali karena Anda tinggal menanam bibit petai sendiri di pekarangan rumah. Setelah tumbuh besar nanti, pohon petai tersebut akan menghasilkan buah petai yang begitu banyak yang dapat Anda nikmati sepuasnya secara gratis. Tetapi apa jadinya kalau pohon petai yang Anda tanam tidak kunjung berbuah?

Tenang saja. Kami mempunyai kiat-kiat yang jitu untuk merangsang pohon petai supaya cepat menghasilkan buah.

  1. Memangkas Cabang Pohon Petai

Upaya pemangkasan telah terbukti dapat merangsang pohon petai agar dapat segera menghasilkan buah. Anda bisa melakukan pemangkasan terhadap cabang yang kondisinya tidak bagus. Misalnya seperti cabang yang tua, cabang berpenyakit, cabang yang tumbuhnya tidak baik, serta cabang air. Dengan cara ini, cadangan makanan yang dihasilkan oleh tanaman akan dipakai secara maksimal oleh cabang-cabang produktif.

  1. Membersihkan Tanaman secara Menyeluruh

Pohon petai perlu dibersihkan dari hama dan penyakit yang  mengganggu. Lakukan proses pembersihan secara menyeluruh, termasuk batang dan cabang tanaman. Gunakan golok untuk mengelupas kulit batang yang telah rusak serta meratakan permukaan batang yang benjol. Bersihkan semua jaringan mati pada pohon petai dari mulai bagian bawah tanaman sampai ke bagian teratas yang dapat dijangkau.

  1. Membuang Benalu yang Mungkin Ada

Anda tidak boleh membiarkan benalu tumbuh di dahan pohon petai karena dapat menyerap habis semua cadangan makanan yang telah dihasilkan. Benalu-benalu tersebut  akan mengganggu pertumbuhan pohon petai. Secara rutin, buanglah semua benalu ini dengan cara dipangkas menggunakan golok. Hati-hati saat melakukannya. Anda harus tuntas dalam membersihkannya dan memastikan pohon bebas dari benalu.

  1. Berikan Pupuk Perangsang Buah

Tentunya pohon petai membutuhkan cadangan makanan yang cukup untuk bisa menghasilkan buah. Peran Anda di sini sangat diperlukan guna menyediakan unsur hara yang diperlukan oleh pohon petai. Berikan pupuk perangsang buah minimal setiap 2 minggu sekali supaya tanaman bisa tumbuh subur. Anda juga bisa memanfaatkan pupuk kandang yang berasal dari kotoran ayam.

  1. Siramlah Tanaman secara Teratur

Ada kemungkinan pohon petai yang Anda tanam tidak menghasilkan buah karena kekurangan air. Akibatnya pohon tersebut tidak bisa melakukan proses fotosintesis secara maksimal sebab air yang dibutuhkannya tidak tercukupi dengan baik. Jadi mulai sekarang Anda bisa mencoba menyiram pohon petai yang telah tumbuh dewasa ini secara teratur setiap pagi dan sore hari untuk memenuhi kebutuhannya.