Gunakan Pupuk Organik Ini agar Tanaman Cepat Berbuah

Anda harus merawat tanaman dengan sebaik-baiknya supaya tumbuh subur. Tanaman yang tumbuh dengan baik akan memasuki tahap-tahap pertumbuhannya dalam waktu yang tepat. Saat tiba waktunya bagi tanaman tersebut untuk berbunga, maka tanaman pun menghasilkan bunga. Begitu pula ketika tiba musimnya tanaman menghasilkan buah, maka tanaman tadi akan berbuah. Bahkan tak segan-segan tanaman tersebut berbuah lebat.

Ada beberapa pekerjaan yang perlu dilakukan dalam merawat tanaman. Salah satunya yaitu melakukan pemupukan terhadap tanaman. Pupuk merupakan makanan bagi tanaman. Di dalam pupuk terkandung nutrisi yang dibutuhkan tanaman untuk tumbuh dan berkembang biak. Jika kebutuhan nutrisinya tercukupi, maka tanaman Anda akan tumbuh subur. Tanaman tersebut juga akan cepat berbuah serta menghasilkan buah yang banyak. Usaha Anda tak akan sia-sia.

Menurut bahan bakunya, pupuk untuk menyuburkan tanaman dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu pupuk organik dan pupuk kimiawi. Pupuk organik adalah pupuk yang terbuat dari bahan-bahan alami. Sedangkan pupuk kimiawi merupakan pupuk yang menggunakan bahan-bahan kimia sebagai bahan bakunya. Pupuk organik memiliki keunggulan yaitu menyuburkan tanah tanpa menyebabkan efek samping. Tanah yang rutin diberi pupuk organik akan semakin subur. Berbeda dengan pupuk kimiawi yang mengakibatkan timbulnya masalah baru.

Contoh pupuk organik yaitu pupuk kompos dan pupuk kandang. Anda bisa menggunakan pupuk kompos dan pupuk kandang untuk merangsang  tumbuhnya bunga pada tanaman. Sehingga beberapa waktu kemudian, bunga-bunga ini akan berkembang menjadi buah.

Pupuk Kompos

Pupuk kompos adalah pupuk yang terbuat dari sisa-sisa pelapukan tanaman. Pupuk ini bisa dibuat dari sisa-sisa tanaman yang telah dipanen atau tanaman yang memang sengaja ditanam untuk dimanfaatkan sebagai pupuk. Contoh tanaman yang biasa ditanam sebagai pupuk yaitu azola dan kacang-kacangan (leguminosa). Kedua tanaman ini dipilih karena mengandung nitrogen yang tinggi dan dapat terurai dengan cepat.

Di waktu tertentu, tanaman-tanaman pagar ini sengaja dipangkas untuk diambil daunnya. Anda bisa langsung meletakkan daun kacang-kacangan di atas tanah untuk digunakan sebagai pupuk. Untuk mendapatkan hasil yang lebih efektif, Anda juga bisa menimbun daun-daun ini. Sedangkan tanaman azola umum dipakai untuk menyuburkan sawah. Azola bisa langsung digunakan sebagai pupuk dengan membenamkannya ke dalam tanah saat melakukan pengolahan tanah.

Agar tanaman cepat menghasilkan buah, Anda perlu memberikan pupuk organik secara tepat. Beberapa jenis pupuk kompos memiliki kemampuan dapat merangsang pembungaan pada tanaman. Khususnya pupuk kompos yang mengandung kadar unsur N yang tinggi. Anda bisa menggunakan pupuk kompos yang terbuat dari tanaman kacang-kacangan karena kaya akan unsur N. Pupuk ini diberikan di bagian pangkal batang setiap seminggu. Setelah itu, siramilah tanaman tersebut agar kandungan nutrisi pada pupuk cepat diserap oleh akar.

Pupuk Kandang

Pupuk kandang adalah pupuk yang terbuat dari kotoran binatang. Biasanya digunakan kotoran dari binatang ternak seperti ayam, kelinci, kambing, dan sapi untuk membuat pupuk ini. Pupuk kandang umumnya digunakan sebagai pupuk dasar yakni diaplikasikan pada saat pengolahan lahan. Ketersediaannya yang melimpah membuat harga pupuk kandang terbilang murah. Bahkan petani juga bisa membuatnya sendiri memakai kotoran hewan ternaknya.

Tidak seperti pupuk kompos yang bisa langsung diaplikasikan di lahan, pupuk kandang ini harus melalui proses fermentasi terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan kotoran hewan yang masih segar memiliki temperatur yang cukup panas sehingga dapat mematikan tanaman apabila mengenai bagian akarnya. Oleh sebab itu, kotoran-kotoran binatang ini wajib difermentasikan terlebih dulu sampai kondisinya menjadi kering dan matang.

Guna merangsang tumbuhnya bunga pada tanaman milik Anda, Anda bisa mencoba memakai pupuk kandang yang terbuat dari kotoran ayam. Mengapa kami merekomendasikan pupuk ini? Sebab pupuk kandang yang terbuat dari kotoran ayam banyak mengandung nitrogen. Unsur ini sangat baik bagi tanaman. Unsur nitrogen dibutuhkan oleh tanaman untuk membantunya dalam berkembang biak. Tanaman yang sering diberi pupuk kandang dari kotoran ayam akan cepat menghasilkan buah.

Memberikan pupuk merupakan salah satu upaya untuk mendukung pertumbuhan tanaman supaya cepat berbuah. Dengan memberikan pupuk secara rutin, tanaman akan mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan dalam hidupnya. Zat nutrisi ini akan disimpan dalam bentuk cadangan makanan dan sebagian lagi digunakan untuk berkembang biak. Memberikan pupuk merupakan salah satu upaya untuk merangsang tanaman agar berbuah. Masih ada upaya-upaya perawatan lainnya yang harus Anda lakukan untuk memperbesar peluang ini.