Ciri-ciri Benih Tanaman yang Unggul

Apakah ciri-ciri benih tanaman yang unggul? Tumbuh-tumbuhan pada umumnya ditanam dari benih. Tahukah Anda, benih adalah biji atau buah yang disediakan untuk ditanam atau disemaikan. Sebelum bisa dibudidayakan di media tanam, biji atau buah tanaman tersebut perlu mendapatkan perlakuan-perlakuan tertentu sehingga daya tumbuhnya akan mengalami peningkatan secara pesat.

Saat ini, Anda bisa membeli benih tanaman yang bermutu unggul di www.tokotanaman.com. Di toko kami tersebut, kualitas benih-benihnya tidak perlu dipertanyakan lagi. Setelah Anda menerimanya, disarankan untuk sesegera mungkin merendam benih tersebut terlebih dahulu di dalam air bersih sebelum dilakukan penyemaian. Tujuannya adalah untuk membasahi bagian dalam benih guna memicu terjadinya proses .

Berikut ini tanda-tanda dari kualitas benih tanaman yang bagus :

  1. Varietas Benih Diketahui secara Pasti

Semakin meningkatnya teknologi di bidang pertanian membuat tumbuh-tumbuhan kini tidak hanya dibedakan menurut jenisnya saja, tetapi juga menjadi beraneka ragam varietas. Usahakan Anda mengetahui apa varietas dari benih tanaman yang telah dibeli. Lebih baik lagi apabila benih tersebut dilengkapi dengan sertifikat atau label dari organisasi tertentu. Informasi mengenai varietas ini bisa dilihat pada kemasannya.

  1. Tingkat Kemurniannya Lebih dari 98%

Benih tanaman yang baik mempunyai tingkat kemurnian sekurang-kurangnya 98% dari total jumlah benih yang ada di dalam kemasan. Artinya benih tersebut tidak tercampur oleh benih-benih yang lain. Jadi Anda sebagai pembeli tidak dirugikan karena sudah mendapatkan benih yang memiliki kriteria sesuai keinginan. Perlu diketahui, penjual benih yang nakal kerap mencampurkan biji-biji dari varietas biasa ke dalam kemasan benih unggul sehingga sangat merugikan pembeli.

  1. Daya Tumbuhnya di Atas 90%

Tidak semua benih tanaman bisa tumbuh menjadi kecambah. Ada sejumlah faktor yang dapat menyebabkan benih tersebut tidak mampu tumbuh semestinya. Misalnya benih yang kopong, rusak, atau berpenyakit kemungkinan besar akan langsung mati. Tentu saja, Anda sebagai pembeli bakal mengalami kerugian jikalau membeli benih yang telah mati. Sekadar patokan saja, daya tumbuh benih yang unggul harus di atas 90%.

  1. Bernas dan seragam

Bernas artinya di dalam biji tanaman terkandung bakal benih yang nantinya akan tumbuh menjadi kecambah. Suatu benih yang bernas selalu akan tenggelam jika dimasukkan ke dalam air. Anda pun harus memastikan kalau benih yang ditanam mempunyai tingkat pertumbuhan yang seragam. Dengan demikian, perawatan tanamannya akan menjadi lebih efektif karena masa pertumbuhannya sama.

  1. Potensi Hasilnya Tinggi

Sebagian besar dari kita tentu menanam tumbuh-tumbuhan dengan maksud untuk memperoleh hasilnya. Tidak hanya buah, panen pun bisa diberlakukan pada bagian daun, tunas, bunga, dan umbi tanaman. Sangat penting untuk membeli benih yang berasal dari varietas yang telah diketahui mempunyai tingkat produktivitas yang tinggi.

  1. Kondisinya Benar-benar Sehat

Syarat terakhir dari benih tanaman yang unggul yakni kondisinya benar-benar sehat. Benih tersebut wajib tidak terkena serangan hama atau penyakit apapun. Sebab benih yang tidak sehat akan memiliki tingkat pertumbuhan yang rendah serta potensi hasil yang tidak maksimal. Daya tumbuh benih tersebut juga sangat buruk sehingga mudah sekali mati.