Cara Sederhana Menanam Pohon Manggis

Bagaimana cara menanam pohon manggis? Manggis mempunyai khasiat yang sangat bagus bagi kesehatan manusia. Terutama adalah bagian buahnya yang banyak mengandung nutrisi yang bermanfaat. Tidak hanya enak untuk dimakan, buah manggis ini ternyata bisa digunakan untuk obat herbal. Bagian daging buah manggis dapat menyembuhkan sakit perut. Sedangkan kulit buah manggis dipercaya bisa meremajakan kulit hingga melawan sel-sel kanker.

Tahukah Anda, manggis merupakan salah satu tanaman asli Indonesia. Pohon ini tumbuh baik di dataran rendah sampai dataran tinggi. Itulah kenapa, kita bisa dengan mudah menemukan buah manggis yang dijual di pasar karena stocknya cukup melimpah. Namun sayangnya harga buah ini cukup mahal sehingga kita tidak bisa terlalu bebas memakannya. Kalau Anda ingin memakan buah manggis sampai puas, Anda bisa mencoba menanamnya sendiri di pekarangan.

Mengingat manggis adalah tumbuhan asli Indonesia, maka sangat mudah untuk menanamnya. Silakan Anda bisa mengikuti panduan dari kami di bawah ini!

Penanaman Biji Manggis

Sebelumnya masukkan media tanam berupa campuran tanah, pupuk kandang, sekam bakar, dan jerami ke dalam polybag. Tanamkan biji manggis yang telah dibersihkan di polybag tersebut. Biji tersebut dapat dipelihara di polybag sampai berumur 2-3 tahun. Lakukan penyiraman dengan air seperlunya untuk menjaga tingkat kelembaban media tanam. Anda juga perlu memberikan pupuk kandang setiap sebulan sekali agar bibit tanaman tumbuh subur. Bibit yang berasal dari biji memiliki perakaran yang lebih baik daripada bibit hasil cangkok.

Penyiapan Lahan Tanam

Lahan yang kurang subur perlu dicangkul terlebih dahulu untuk membuat strukturnya menjadi gembur. Lalu tambahkan pupuk kandang secukupnya dan campur dengan tanah sampai merata. Biarkan lahan ini selama 7-14 hari. Barulah dibuat lubang tanam yang berukuran 50 x 50 x 50 cm dalam jarak 8 x 8 m sampai 10 x 10 m. Hal ini dikarenakan pohon manggis dewasa mempunyai perakaran dan percabangan yang sangat panjang.

Dalam membuat lubang tanam, Anda perlu memisahkan lapisan tanah bagian atas dan bagian bawah. Khusus lapisan tanah bagian atas bisa dicampur dengan pupuk kandang dan pupuk kompos dengan perbandingan 1:1:1. Hasil campuran ini lantas dimasukkan ke lubang tanam. Di atasnya lalu ditutup dengan lapisan tanah bagian bawah. Lubang tanam ini tidak boleh langsung ditanami. Anda harus menunggunya selama 15-20 hari.

Penanaman Bibit Manggis

Bibit manggis yang bisa ditanam di lahan setidaknya harus berumur 2-3 tahun dengan tinggi sekitar 1-2 m. Pada rentang usia tersebut, bibit sudah mempunyai daya tahan yang sangat baik. Untuk memindahkan bibit manggis, Anda bisa merobek polybag-nya terlebih dahulu. Kemudian dengan hati-hati tanamkan bibit tadi di lubang tanam yang telah tersedia. Pasang ajir di sampingnya untuk menahan bibit supaya tidak rubuh dihembus angin. Setelah itu, siram menggunakan air secukupnya.