Cara Mudah Menanam Kangkung dari Biji

Tahukah Anda, kangkung bisa ditanam dari bijinya. Biji kangkung ini dihasilkan oleh tanaman kangkung yang telah dewasa. Sebelumnya tanaman kangkung dewasa akan menumbuhkan bunga. Bunga kangkung mempunyai warna putih keungu-unguan. Seiring berjalannya waktu, bunga ini akan mengalami penyerbukan oleh serangga kemudian berkembang menjadi buah. Di dalam buah kangkung inilah terdapat biji yang bisa ditanam kembali.

Tak terlalu sulit untuk menanam biji kangkung sendiri. Sebab biji ini sebenarnya cukup mudah tumbuh. Anda bisa menggunakan tanah sebagai media tanamnya. Supaya cepat berkembang menjadi kecambah dan tumbuh menjadi tanaman kangkung kecil, Anda perlu memberikan perlakuan khusus terlebih dahulu. Caranya yaitu rendamlah biji kangkung di dalam air hangat selama semalaman. Niscaya peluang tumbuhnya akan semakin besar.

Silakan ikuti panduan di bawah ini untuk menanam biji kangkung di polybag!

Langkah 1. Merendam Biji di Air Hangat

Untuk merangsang pertumbuhan biji kangkung agar cepat berkembang menjadi kecambah, Anda perlu merendamnya di dalam air hangat. Anda bisa menyiapkan air hangat dari campuran 2 sendok makan air biasa dan 1 sendok makan air panas. Kemudian masukkan biji kangkung yang hendak ditanam ke dalam air hangat ini. Rendamlah biji tersebut semalaman. Keesokan harinya tanamkan hanya biji yang tenggelam di air. Biji yang terapung di air sebaiknya dibuang karena sudah kopong dan tidak akan tumbuh.

Langkah 2. Menanam Biji di Tanah

Tidak perlu neko-neko memilih media tanam yang cocok untuk menanam kangkung. Anda bisa menggunakan tanah yang diambil di pekarangan. Syarat utamanya tanah tersebut harus subur dan gembur. Jika perlu, Anda bisa menambahkan pupuk kandang secukupnya. Sebelumnya tanah yang akan dipakai sebagai media tanam perlu diayak terlebih dulu untuk menyingkirkan batu, sampah, dan kotoran. Masukkan tanah ini ke dalam polybag sampai terisi penuh. Lalu tanamkan biji kangkung tepat di tengah-tengah polybag.

Langkah 3. Merawat Tanaman agar Tumbuh

Letakkan polybag yang telah ditanami biji kangkung di tempat yang teduh. Misalnya di teras, bawah pohon, atau area yang dilengkapi naungan. Pastikan polybag bisa mendapatkan sinar matahari maksimal 3 jam/hari. Anda perlu menyirami polybag setiap 2-3 hari sekali untuk menjaga kelembaban media tanam. Hati-hati saat menyiraminya karena batang kangkung masih lemah. Seminggu setelah ditanam, biji kangkung sudah tumbuh menjadi tanaman kecil. Anda bisa memindahkan polybag ke tempat terbuka agar pertumbuhannya semakin bagus.