Cara Merawat Tanaman Jeruk Nipis agar Cepat Berbuah

Anda mungkin sudah mempunyai pohon jeruk nipis yang tumbuh di pekarangan rumah? Wah, pasti Anda sudah tidak sabar lagi menanti kemunculan buahnya ya. Buah jeruk nipis memang memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh berkat kandungan vitamin C di dalamnya. Air sari buah jeruk nipis biasanya dipakai untuk bumbu masakan dan minuman. Terbayang kan betapa senangnya kalau pohon jeruk nipis Anda sudah berbuah. Anda bisa memetik buahnya sesuka hati.

Tanaman jeruk nipis memang mudah tumbuh. Anda pun dapat menanamnya dari biji. Cukup ambil biji jeruk nipis dari buah yang telah matang. Kemudian lakukan penyemaian biji memakai media berupa tanah, kapas, kertas koran, atau kain. Kemungkinan besar biji tersebut akan berkembang menjadi kecambah. Kecambah jeruk nipis inilah yang selanjutnya bisa kita tanam. Tidak sampai di sini, Anda harus merawat tanaman jeruk nipis tersebut agar tumbuh subur dan cepat menghasilkan buah.

Agar pohon jeruk nipis yang Anda miliki cepat berbuah, rawatlah dengan cara di bawah ini!

Cara 1. Berikan Pupuk Kandang dari Kotoran Ayam

Pohon jeruk nipis yang ditanam dari biji umumnya mulai menghasilkan buah setelah usianya mencapai lebih dari 5 tahun. Untuk mempercepat waktu berbuahnya tanaman, Anda bisa memberikan pupuk kandang dari kotoran ayam. Pupuk ini dipilih karena mengandung unsur nitrogen yang tinggi. Unsur inilah yang bisa merangsang tanaman agar cepat menghasilkan buah. Berikanlah pupuk kandang ini secara berkala setiap 2-3 minggu.

Cara 2. Sirami dengan Air Bekas Cucian Beras

Anda pasti memasak beras setiap hari, kan? Kalau bisa jangan buang air cuciannya. Karena air ini banyak mengandung unsur hara yang bagus untuk mendukung pertumbuhan tanaman. Daripada dibuang begitu saja, Anda bisa menyiramkannya ke tanaman supaya tumbuh subur. Siramkan air ini langsung di area batang utamanya. Usahakan air cucian beras ini tidak sampai mengenai bagian daun tanaman sebab dapat mengganggunya dalam melakukan fotosintesis.

Cara 3. Lakukan Pemangkasan Cabang Nonproduktif

Jangan senang dulu kalau pohon jeruk nipis Anda mempunyai cabang yang begitu banyak. Tidak semua cabang tersebut bisa menghasilkan buah. Biasanya pohon jeruk yang cabangnya terlalu banyak dengan daun yang begitu lebat justru akan lambat dalam menghasilkan buah. Tanaman tadi hanya mementingkan pertumbuhan generatifnya. Oleh sebab itu, Anda perlu merangsang tanaman supaya segera berbuah dengan melakukan pemangkasan cabang. Pangkaslah cabang-cabang tanaman yang tua, kering, rusak, dan berpenyakit.

Cara 4. Pastikan Tanaman Mendapat Sinar Matahari

Pohon jeruk nipis termasuk tanaman yang suka dengan sinar matahari. Hal ini terlihat dari ukuran daunnya yang cukup tebal dengan permukaan daun yang mengkilap. Jadi usahakan Anda menanam jeruk nipis yang bisa mendapatkan sinar matahari. Keberadaan sinar matahari ini begitu penting bagi tanaman jeruk nipis karena bisa mempercepatnya dalam menghasilkan buah. Apabila tanaman terhalangi oleh pohon lain, Anda bisa memangkas cabang-cabang pohon yang menghalangi sampainya sinar matahari ke jeruk nipis.

Cara 5. Atasi Hama dan Penyakit yang Menyerang

Pohon jeruk nipis akan cepat berbuah manakala pertumbuhannya normal dan tidak terganggu oleh serangan hama atau penyakit. Tanaman yang bisa tumbuh subur dengan baik ini akan mencapai usia produktivitasnya dalam waktu yang lebih cepat. Itu sebabnya, Anda juga perlu memperhatikan kondisi kesehatan tanaman sebaik-baiknya. Segera lakukan tindakan serius untuk mengendalikan hama/penyakit bila ditemukan gejala-gejala awal serangannya.