Cara Merawat Rumput Golf yang Benar

Bagaimana cara merawat rumput golf yang benar? Rumput bermuda (Cynodon dactylon) adalah tanaman rumput yang termasuk dalam famili Poaceae di genus Cynodon. Rumput ini lebih dikenal sebagai rumput golf karena sering kali ditanam di lapangan golf. Daunnya berwarna hijau keabu-abuan dengan lebar 2-15 cm dan 1-30 cm.

Rumput golf merupakan rumput hias yang mahal. Selain harga bibitnya lebih tinggi daripada rumput-rumput hias yang lain, rumput ini juga sangat membutuhkan perawatan secara rutin. Musuh utamanya yaitu air, di mana rumput golf akan gampang membusuk jika tergenang air. Sehingga tanaman ini membutuhkan media tanam yang memiliki saluran air yang lancar.

Bentuk perawatan yang harus diberikan kepada rumput golf tidak sama seperti rumput taman. Kebanyakan rumput taman lebih mudah dirawat karena luas lahannya tidak seberapa. Rumput taman juga tidak mengharuskan kondisi tertentu, asalkan rumput tumbuh subur dan rapi, perawatan itu sudah beres. Berbeda dengan rumput golf karena kondisi rumput akan sangat mempengaruhi kelancaran proses permainan golf.

Jadi rumput golf harus disiram, dipupuk, dipangkas, serta dijauhkan dari hama dan penyakit agar kondisinya selalu siap untuk digunakan bermain.

Pemupukan Rumput

Kebutuhan unsur hara yang diperlukan olah rumput golf berbeda-beda antara lapangan yang satu dengan lainnya. Hal ini harus didasarkan pada hasil analisis tanah masing-masing lapangan golf tersebut. Faktor-faktor lain yang juga berpengaruh pada kebutuhan unsur hara rumput golf antara lain kondisi thatch, program pemupukan sebelumnya, kualitas rumput, dan tingkat serangan OPT. Analisis terhadap tanah ini dilakukan setiap 6-12 bulan.

Biasanya unsur hara yang paling banyak dibutuhkan oleh rumput golf adalah nitrogen (N). Unsur ini diberikan sesuai dengan tingkat pertumbuhan tanaman rumput. Area green pada lapangan golf membutuhkan unsur N yang lebih banyak daripada bagian-bagian yang lainnya. Begitu pula dengan kebutuhan dan cara penggunaan pupuk yang mengandung unsur kalium (K) dan fosfor (P) harus disesuaikan dengan hasil analisis tanah.

Pengendalian Hama dan Penyakit

Jadwal pengendalian hama dan penyakit perlu disesuaikan terhadap tingkat serangannya. Sedangkan waktu pengendaliannya bergantung pada musim. Sebagai contoh, hama yang biasanya menyerang pada musim kemarau adalah cacing dan orong-orong. Sementara itu, pada musim penghujan, penyakit akan mulai menyerang tanaman.

Perhatikan tingkat keseragaman rumput yang tumbuh di lapangan golf. Usahakan supaya lapangan tidak tercemari oleh rumput-rumput yang lainnya. Begitu pun dengan gulma yang hidup di lapangan golf harus dimusnahkan sesegera mungkin agar tidak mengambil unsur hara di lapangan. Proses pengendalian gulma ini dapat dilakukan secara kimiawi menggunakan herbisida ataupun mencabutinya secara manual.