Begini Caranya Merawat Rumput di Lapangan Golf yang Benar!

Rumput bermuda (Cynodon dactylon) adalah tumbuhan rumput yang termasuk dalam famili Poaceae di genus Cynodon. Rumput ini juga lebih dikenal sebagai rumput golf sebab sering kali ditanam di lapangan golf. Daunnya berwarna hijau keabu-abuan dengan lebar 2-15 cm dan 1-30 cm. Rumput golf merupakan rumput hias yang mahal. Selain harga bibitnya yang memang lebih tinggi ketimbang rumput-rumput hias yang lainnya, rumput ini juga sangat membutuhkan perawatan secara rutin. Musuh utamanya yaitu air, di mana rumput golf akan gampang membusuk jika tergenang air.

Sehingga tanaman rumput golf ini membutuhkan media tanam yang mempunyai saluran air yang lancar supaya tumbuh subur. Bentuk perawatan yang harus diberikan kepada rumput golf ini tak sama seperti rumput taman yang lainnya. Kebanyakan rumput taman lebih mudah dirawat karena luas lahannya tidak seberapa. Rumput taman juga tidak mengharuskan kondisi tertentu, asalkan rumput tumbuh subur dan rapi, perawatan itu sudah beres. Berbeda halnya dengan rumput golf karena kondisi rumput akan sangat mempengaruhi kelancaran proses permainan golf sehingga harus dirawat dengan baik.

Jadi tanaman rumput golf ini memang harus disiram, dipupuk, dipangkas, serta dijauhkan dari hama dan penyakit supaya kondisinya selalu siap untuk digunakan bermain.

Pemupukan Rumput Golf yang Baik

Kebutuhan unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman rumput golf berbeda-beda antara lapangan yang satu dengan lainnya. Hal ini harus didasarkan terhadap hasil analisis tanah masing-masing lapangan golf tersebut. Faktor-faktor lain yang juga berpengaruhpada kebutuhan unsur hara rumput golf antara lain kondisi thatch, jadwal pemupukan sebelumnya, kualitas rumput, dan tingkat serangan OPT (Organisme Pengganggu Tanaman). Analisis terhadap tanah ini dilakukan setiap 6-12 bulan.

Adapun unsur hara yang paling banyak dibutuhkan oleh tanaman rumput golf adalah nitrogen (N). Unsur ini dapat diberikan sesuai dengan tingkat pertumbuhan tanaman rumput. Area green pada lapangan golf memerlukan unsur N yang lebih banyak dibandingkan dengan bagian-bagian lapangan yang lain. Begitu pula dengan kebutuhan serta cara penggunaan pupuk yang mengandung unsur kalium (K) dan fosfor (P) harus disesuaikan dengan hasil analisis tanah. Sebab bagaimanapun juga pemupukan ini harus dilakukan dengan sebaik-baiknya.

Pengendalian Hama dan Penyakit

Jadwal pengendalian hama dan penyakit perlu disesuaikan terhadap tingkat serangannya. Sedangkan waktu pengendaliannya sendiri tergantung pada musim, apakah musim kemarau atau musim penghujan ketika dilakukan upaya pengendalian OPT. Sebagai contoh, hama yang biasanya menyerang pada musim kemarau adalah cacing dan orong-orong. Sementara itu, pada musim penghujan, penyakit bakalan mulai menyerang tanaman rumput golf. Jadi Anda harus menyesuaikan antara upaya pengendalian yang harus dilakukan terhadap gejala-gejala serangan awal yang muncul.

Perhatikan tingkat keseragaman rumput yang tumbuh di lapangan golf. Usahakan supaya lapangan tidak tercemari oleh rumput-rumput liar yang lainnya. Begitu pun dengan gulma atau tanaman liar yang hidup di lapangan golf ini harus dimusnahkan sesegera mungkin agar tidak mengambil unsur hara di lapangan. Proses pengendalian gulma ini dapat Anda laksanakan secara kimiawi menggunakan herbisida ataupun mencabutinya secara manual. Anda harus melakukan upaya-upaya perlawanan yang serius agar rumput yang ditanam di lapangan golf tumbuh subur dan nampak rapi.