Cara Merawat Pohon Tabebuya agar Rajin Berbunga

Semakin banyak tanaman impor yang memasuki Negara  Indonesia. Tanaman ini mempunyai pesona yang sangat indah, begitu unik, dan berbeda dari tanaman-tanaman asli Indonesia. Tak hanya tumbuh-tumbuhan tropis, ada pula tanaman yang berasal dari wilayah subtropis yang coba dibudidayakan di sini. Contohnya yaitu tanaman tabebuya. Pamor tanaman ini memang kalah jauh dibandingkan tanaman sakura. Namun pesonanya sebelas dua belas.

Faktanya tanaman sakura cukup sulit ditanam di Indonesia karena tanaman ini menghendaki tempat yang cenderung dingin. Misalnya seperti di Kebun Raya Bogor yang berhasil menanam pohon sakura. Sedangkan bagi Anda yang tinggal di daerah lain, Anda bisa menanam tanaman tabebuya saja. Jangan pandang sebelah mata tumbuhan ini ya. Pasalnya tanaman tabebuya memiliki pesona yang indah mirip seperti pohon sakura.

Pohon tabebuya sekilas mirip seperti tanaman sakura di Jepang. Pohon ini biasanya digunakan sebagai tanaman pelindung dan peneduh. Maklum saja karena daunnya rimbun dan memiliki bunga yang sangat lebat. Bahkan saat musim berbunga, tanaman tabebuya akan dipenuhi oleh bunga, bahkan nyaris seperti tidak mempunyai daun. Sungguh indah sekali. Bunga tabebuya memiliki warna yang beragam seperti pink, ungu, jingga, kuning, putih, dan merah.

Tak sulit untuk menanam pohon tabebuya. Saking mudahnya, bahkan Anda bisa menanamnya dengan metode stek batang. Agar tanaman ini tumbuh subur dan rajin berbunga, Anda harus merawatnya dengan baik.

Pakai Media Tanam yang Subur

Untuk keperluan menanam bibit tabebuya, usahakan Anda menggunakan media tanam yang subur. Media tanam tersebut tidak perlu terlalu porous, melainkan agak liat supaya dapat menahan air. Maklum saja karena pohon tabebuya menghendaki media tanam yang cukup basah agar pertumbuhannya subur. Sebaiknya Anda menanam pohon ini langsung di tanah mengingat ukuran tanamannya yang tinggi dan besar. Tambahkan pupuk kandang dari kotoran sapi untuk menyuburkan media tanam tersebut.

Berikan Pupuk secara Berkala

Seiring berjalannya waktu, unsur hara di media tanam yang ditanami pohon tabebuya akan menipis dan habis karena terus-menerus diserap oleh akar. Akibatnya pertumbuhan tanaman pun menjadi terhambat karena makanannya kurang. Anda perlu melakukan pemupukan secara berkala agar tanaman tetap dapat tumbuh dengan subur. Gunakan pupuk yang mengandung unsur nitrogen tinggi untuk membentuk tunas cabang daun yang baru. Kemudian berikan lagi pupuk phosphor untuk merangsang pembungaan.

Siramilah Secukupnya Saja

Di atas, kami sudah menyebutkan kalau tanaman tabebuya ini sangat menyukai air. Apabila kebutuhan airnya tercukupi dengan baik, maka tanaman ini akan tumbuh subur. Akan tetapi jika air yang diterimanya terlalu banyak, tanaman justru akan rajin menumbuhkan daun saja. Tanaman tersebut memang tumbuh subur, namun jarang sekali menumbuhkan bunga. Oleh sebab itu, Anda perlu melakukan kontrol air saat menyiraminya. Kami sarankan siramilah tanaman ini hanya saat kondisi permukaan media tanamnya tampak kering saja.

Lakukan Pemangkasan Cabang

Trik lain untuk membuat pertumbuhan tabebuya menjadi subur serta rajin menghasilkan bunga yaitu melakukan pemangkasan cabang secara berkala. Kadang-kadang penghobi tanaman merasa enggan kalau harus memangkas tanaman. Padahal upaya pemangkasan ini sangat bermanfaat bagi tanaman tersebut. Pemangkasan akan membuat postur tanaman lebih bagus serta memicu tumbuhnya cabang-cabang baru yang lebih produktif dalam menghasilkan bunga. Lakukan pemangkasan terhadap cabang tanaman yang sudah tua dan tidak subur.

Pastikan Mendapat Sinar Mentari

Pohon tabebuya juga sangat menyukai sinar matahari. Tanaman ini akan tumbuh subur apabila bisa mendapatkan sinar matahari secara maksimal. Sinar matahari juga mampu merangsang pembungaan loh. Sehingga pohon tabebuya Anda akan tumbuh subur dan rajin berbunga jika bisa memperoleh cahaya matahari langsung yang banyak. Oleh sebab itu, Anda harus menanam tabebuya di tempat yang terbuka dan terhindar dari naungan yang bisa menghalangi pancaran sinar mentari.