Cara Merawat Pohon Bidara Arab

Pohon bidara arab (Sizipus mauritania) memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Khususnya daun bidara yang biasa diolah menjadi minuman teh serta dapat pula digunakan sebagai bahan pembersih. Tanaman ini mempunyai daya tahan serta kemampuan beradaptasi yang sangat baik. Pohon bidara arab mampu tumbuh dengan baik di daerah yang kering maupun basah. Namun lebih baik jika tanaman ini diletakkan di tempat terbuka yang bisa menerima cahaya matahari secara langsung.

Karena habitat alaminya berada di lingkungan gurun, pohon bidara ini sangat mudah ditanam. Tanaman ini bisa mengatasi suhu udara yang cukup ekstrem. Idealnya bidara ini ditanam di daerah pesisir pantai hingga ketinggian 1.000 m dpl. Pada lingkungan ini, suhu udara rata-rata berkisar antara 20-32 oC dengan curah hujan mencapai 300-400 mm/tahun. Tidak ada syarat khusus mengenai tanah yang cocok untuk ditanami bidara. Asalkan tanah tadi tidak digenangi air serta mengandung unsur hara yang cukup, maka bidara akan tumbuh subur.

Tidak terlalu sulit untuk merawat pohon bidara arab. Adapun kiat-kiatnya adalah sebagai berikut!

Penyiraman

Pada dasarnya, tanaman bidara tidak membutuhkan air terlalu banyak. Wajar saja mengingat habitat alaminya terletak di gurun pasir. Di lingkungan tersebut, kondisi cuacanya cenderung panas dengan tanah yang cukup gersang. Jadi ada baiknya Anda menciptakan lingkungan alami yang sesuai dengan habitat bidara. Penyiraman tetap perlu dilakukan, tetapi jangan terlalu sering. Siramlah tanaman ini 1-2 hari sekali dengan air secukupnya.

Pengajiran

Bibit bidara yang masih cukup kecil memiliki batang yang belum terlalu kuat. Oleh sebab itu, batang ini memerlukan pegangan yang disebut ajir. Ajir terbuat dari bambu yang dibelah kecil. Tancapkan ajir bambu ini tepat di samping tanaman bidara. Kemudian ikatlah menggunakan tali rafia. Dengan begini, maka tanaman bidara yang masih kecil tersebut tetap mampu berdiri tegak sehingga pertumbuhannya bisa lebih baik.

Penyinaran

Usahakan tanaman bidara yang Anda miliki bisa mendapatkan sinar matahari secara penuh. Sebisa mungkin letakkan tanaman tersebut di tempat yang terbuka. Maksimalkan sinar mentari yang bisa mengenai tanaman bidara. Hal ini dikarenakan pohon bidara arab sangat menyukai sinar matahari. Cahaya mentari akan membuat pohon tumbuh dengan baik dan subur. Pohon ini juga akan rajin menghasilkan bunga dan buah.

Pemupukan

Anda perlu memberikan pupuk secara berkala agar pertumbuhan pohon bidara lebih optimal. Pupuk menyediakan unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman. Berikan pupuk organik setiap 1 bulan sekali. Siramlah tanaman setiap kali selesai diberikan pupuk. Tujuannya agar pupuk ini cepat terlarut sehingga mudah diserap oleh akar pohon bidara. Anda juga bisa memberikan pupuk NPK untuk mendukung pertumbuhan daun tanaman.

Pemangkasan

Pemangkasan dapat dilakukan dengan membuang cabang-cabang tanaman yang sudah tua, terserang penyakit, cabang yang sudah mati, atau pertumbuhannya tidak terlalu bagus. Proses pemangkasan ini begitu penting karena akan meremajakan kondisi pohon bidara arab secara keseluruhan. Anda bisa memangkas cabang tanaman bidara menggunakan pisau atau gunting pangkas tanaman yang tajam sehingga tidak melukai tanaman itu sendiri.