Cara Menyuburkan Tanaman Bunga agar Rajin Berbunga

Bagaimana cara menyuburkan tanaman bunga? Tanaman yang mempunyai bunga berwarna-warni memiliki keindahan tersendiri dibandingkan dengan jenis tanaman yang lain. Tanaman tersebut tampak begitu memesona dengan bunga yang menghiasinya. Ada bunga yang berwarna merah, putih, ungu, kuning, oranye, pink, dan sebagainya. Bahkan ada pula bunga yang memiliki bermacam-macam warna dalam satu kelopak. Belum lagi aroma semerbak yang dikeluarkan oleh bunga-bunga ini akan mempermanis suasana tempat tinggal.

Tanaman bunga memang jauh lebih indah daripada tanaman-tanaman lainnya. Anda yang ingin menciptakan rumah tinggal dengan lingkungan yang menarik wajib menanamnya. Hanya saja Anda harus berjuang cukup keras untuk bisa menumbuhkan bunga dari tanaman ini. Bunga tidak serta-merta tumbuh. Anda harus memberikan rangsangan supaya tanaman mau menghasilkan bunga. Kesalahan dalam merawat tanaman bunga justru akan mengakibatkan tanaman tersebut malas berbunga karena pertumbuhannya tidak normal.

Beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk menyuburkan tanaman bunga antara lain :

  1. Pemangkasan Cabang Tanaman

Bunga hanya ditumbuhkan oleh bagian tanaman yang masih produktif. Umumnya cabang-cabang yang masih muda saja yang bisa menghasilkan bunga. Sedangkan cabang yang sudah tua tidak mampu lagi menumbuhkannya. Oleh sebab itu, Anda harus rajin memangkas tanaman tersebut supaya rajin berbunga. Pemangkasan juga berguna untuk menjaga postur tanaman agar tetap tampak indah.

  1. Peletakan di Tempat Terbuka

Tanaman bunga harus mendapatkan sinar matahari agar bisa menumbuhkan bunga. Begitu pula dengan tanaman indoor yang diletakkan di dalam ruangan, tanaman ini harus dipindahkan ke luar ruangan saat pagi hari supaya kebutuhan sinar mataharinya tercukupi. Tumbuh-tumbuhan yang bisa memperoleh sinar matahari secara langsung terbukti akan rajin menghasilkan bunga.

  1. Penambahan Pupuk Organik

Pupuk bisa diibaratkan sebagai makanannya tanaman. Pupuk menyediakan semua unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman untuk mendukung pertumbuhannya. Anda harus memberikan pupuk organik tambahan minimal sebulan sekali. Pupuk ini diletakkan di atas media tanam melingkari batang utama. Kemudian siramlah memakai air secukupnya agar pupuk cepat diserap oleh akar tanaman.

  1. Penyiraman secara Tepat

Anda wajib mengerti kalau tanaman mempunyai tempat tinggal yang berbeda-beda. Tidak semua tanaman akan tumbuh dengan baik di lingkungan yang kondisinya cenderung basah, beberapa tanaman justru akan tumbuh normal bila ditanam di lingkungan yang kering. Misalnya seperti adenium, kaktus, dan sukulen. Sehingga pola penyiramannya harus disesuaikan dengan habitat asli tanaman.

  1. Pemberian Zat Perangsang Tumbuh

ZPT (Zat Perangsang Tumbuh) adalah suatu zat yang berguna untuk mempercepat pertumbuhan tanaman. Produk ZPT banyak dijual di toko tanaman terdekat dengan merek yang beraneka ragam. Tetapi Anda juga bisa memanfaatkan umbi bawang merah sebagai bahan ZPT alami. Anda hanya perlu menumbuk bawang merah tersebut sampai halus kemudian memberikannya ke tanaman. Hasilnya tanaman tersebut menjadi cepat tumbuh besar dan rajin berbunga.