Cara Menyemai Biji Markisa yang Pasti Tumbuh

Anda mungkin tertarik untuk menanam markisa? Kalau iya, Anda bisa menanamnya dari biji markisa tersebut. Jangan takut gagal karena prosesnya mudah sekali kok. Biji markisa ini juga gampang tumbuh asalkan Anda menyemainya dengan benar. Kesalahan umum yang banyak dilakukan adalah menanam biji markisa langsung di tanah tanpa memberikan upaya-upaya untuk merangsang pertumbuhannya terlebih dahulu. Akibatnya biji tadi pun gagal tumbuh.

Proses penyemaian memang begitu penting ketika Anda ingin menanam tumbuh-tumbuhan dari bijinya. Kadang-kadang tanpa proses penyemaian pun biji akan berkembang menjadi kecambah dan akhirnya tumbuh menjadi bibit. Namun untuk meningkatkan keberhasilannya, Anda perlu menyemai biji tadi. Begitu pula dengan biji markisa yang wajib disemai terlebih dahulu kalau Anda ingin biji tersebut bisa tumbuh menjadi bibit markisa yang siap ditanam.

Silakan Anda bisa mengikuti panduan di bawah ini. Kami biasa menyemai biji markisa dengan cara sebagai berikut!

Alat dan Bahan :

  • Buah markisa
  • Pisau
  • Air panas
  • Air biasa
  • Mangkuk kecil
  • Polybag
  • Tanah
  • Saringan

Langkah-langkah :

  1. Ambil buah markisa yang telah matang dari pohonnya. Biasanya buah markisa yang matang ini akan jatuh sendiri. Silakan Anda ambil sebagai bakal bibit.
  2. Belah buah markisa menjadi dua bagian menggunakan pisau. Kemudian keluarkan isinya. Masukkan isi buah markisa ini ke dalam mangkuk.
  3. Tuangkan air biasa/air yang suhunya normal ke dalam mangkuk berisi buah markisa sebanyak 5 sendok makan. Lalu tambahkan pula dengan 2 sendok makan air panas.
  4. Pindahkan mangkuk berisi buah markisa ini di tempat yang sejuk. Diamkan selama 2-3 hari agar biji-biji markisa berkembang menjadi kecambah.
  5. Siapkan media penyemaian dari tanah yang diayak menggunakan saringan. Masukkan tanah ini ke dalam polybag sampai terisi penuh.
  6. Tanamkan biji markisa di polybag. Setiap polybag cukup ditanami 3-5 biji. Anda bisa menanamkan biji markisa ini pada kedalaman 1 cm.
  7. Letakkan polybag penyemaian di tempat yang teduh namun bisa mendapatkan sinar matahari minimal 3 jam/hari. Pastikan tempat tersebut aman dari gangguan.
  8. Selama proses penyemaian berlangsung, Anda perlu menjaga kelembaban tanah untuk mendukung perkembangan biji. Siramlah setiap 2-3 hari sekali.
  9. Dalam waktu 5-7 hari, kecambah markisa seharusnya sudah menumbuhkan daun. Anda harus terus merawatnya agar tanaman tumbuh semakin besar.
  10. Jika tinggi bibit sudah mencapai lebih dari 25 cm, Anda bisa memindahkannya ke tanah supaya tanaman markisa bisa tumbuh dengan maksimal.