Cara Mengukur pH Tanah Menggunakan Kunyit

Dunia pertanian di Indonesia khususnya terus mengalami kemajuan. Perkembangan teknologi di bidang pertanian ini tentunya bermanfaat positif bagi para petani. Kita bisa lebih mudah dalam bercocok tanam berkat ditemukannya alat-alat pertanian yang modern. Hasil pertanian pun dapat ditingkatkan seiring dengan terkuaknya fakta-fakta baru tentang pertanamanan. Salah satunya soal tingkat keasaman (pH) tanah yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman.

Sebagian besar tanaman tidak bisa tumbuh dengan baik kalau ditanam di tanah yang memiliki pH di bawah 7 yang bersifat asam. Jikalau tanaman tersebut mampu tumbuh, maka posturnya cenderung akan kerdil atau tidak dapat menghasilkan buah. Oleh karena itu, kita harus periksa pH tanah sebelum mulai menanaminya dengan bibit tanaman. Apabila pH-nya asam, tanah tersebut wajib diberikan pupuk dolomit untuk menaikkan derajat pH.

Kita bisa mengukur pH tanah memakai kertas lakmus, pH meter, serta PUTS. Tapi ternyata kita pun dapat memanfaatkan kunyit untuk mengukur pH tanah loh. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut!

  1. Siapkan rimpang kunyit sebesar jari telunjuk saja. Kemudian potonglah rimpang kunyit ini menjadi dua bagian menggunakan pisau.
  2. Kondisi tanah yang akan diukur pH-nya harus basah. Jadi Anda perlu menyiramnya terlebih dahulu sampai air menggenangi tanah.
  3. Silakan tanamkan potongan rimpang kunyit tadi ke dalam tanah yang basah. Kemudian tunggu selama 30-45 menit.
  4. Keluarkan kembali potongan rimpang kunyit dari dalam tanah. Lalu perhatikan perubahan warna pada bagian potongannya.
  5. Jika warna potongan memudar berarti tanah memiliki pH rendah. Bila warna tidak berubah artinya pH tanah netral. Tetapi jika potongan kunyit beruah warna menjadi kebiruan-biruan, maka pH tanah tinggi.

Kami akui metode alami mengukur pH tanah menggunakan kunyit memang hasil tidak terlalu akurat. Kadang-kadang hasilnya bisa keliru. Jadi kami tetap menyarankan Anda menggunakan kertas lakmus, pH meter, atau PUTS untuk mengukur pH tanah dengan hasil yang tepat. Anda bisa membeli alat-alat tersebut di www.tokotanaman.com. Metode pengukuran pH tanah memakai kunyit ini bisa Anda gunakan saat kondisi mendadak sebagai acuan untuk mengetahui tanah bersifat asam, netral, atau basa.