Cara Mengatasi Serangan Jamur Pada Tanaman Tin

Saat musim hujan, Anda harus senantiasa memperhatikan kondisi tanaman tin yang Anda budidayakan. Pasalnya tanaman tin dapat terganggu kesehatannya pada musim ini. Sebagai tanaman yang berasal dari daerah kering, tanaman tin memang tidak terlalu tahan terhadap air hujan. Guyuran air hujan pada tin secara terus-menerus akan membuat kesehatannya menurun. Sedikit demi sedikit akan muncul gejala-gejala penyakit yang menyerang tanaman tin tersebut.

Penyakit yang menyerang tanaman tin pada umumnya disebabkan oleh jamur atau cendawan. Jamur ini tumbuh pada batang, daun, dan buah tin akibat kondisi kelembaban udara yang begitu tinggi. Diketahui bahwa kebanyakan jamur bersifat parasit. Sebagai parasit, jamur akan menggerogoti tanaman inangnya secara perlahan-lahan. Termasuk ketika jamur tumbuh di pohon tin, maka tanaman Anda lambat laun akan bermasalah. Salah satunya yaitu tanaman bakal terserang penyakit.

Anda bisa mengatasi serangan jamur pada tanaman tin ini menggunakan kiat-kiat sebagai berikut!

Ganti Media Tanamnya

Saat melihat ada tanaman tin Anda tiba-tiba laya, kemudian batangnya dipenuhi oleh bintik-bintik yang berwarna putih, maka kemungkinan besar kalau tanaman tersebut sedang terserang jamur. Anda harus segera mengambil tindakan pertama untuk mengatasinya. Caranya yaitu keluarkanlah tanaman tersebut dari pot/polybag, lalu buang sebagian besar media tanamnya. Sediakan pot/polybag yang baru dan isilah dengan media tanam yang bersih. Lantas tanamkan lagi tanaman tin Anda di pot/polybag ini. Untuk sementara waktu, letakkan tanaman ini di tempat yang teduh dahulu.

Oleskan Pasta Kambium

Jamur-jamur yang sudah terlanjur tumbuh di batang tanaman tin harus segera diberantas. Di sini Anda bisa memanfaatkan produk pembasmi jamur pada tanaman yang bernama pasta kambium. Kelebihan dari pasta kambium ini, selain dapat membunuh jamur, pasta ini pun dapat memacu pertumbuhan tin supaya semakin subur. Jadi Anda bisa memperoleh dua fungsi yang bermanfaat meski hanya memakai satu produk saja. Sebagai alternatif dari pasta kambium, Anda pun bisa menggunakan abmix untuk membunuh jamur-jamur yang jahat ini.

Semprotkan Fungisida

Supaya semua jamur yang tumbuh di tanaman tin beserta lingkungan sekitarnya binasa sampai ke akar, Anda pun dapat memanfaatkan fungisida. Saat ini sudah banyak tersedia produk fungisida yang bagus di toko tanaman terdekat. Saran kami pilihlah fungisida jenis non-sistemik supaya kandungan zat racunnya tidak diserap oleh tanaman. Jadi Anda masih boleh menikmati daun dan buah tin meskipun baru saja mengaplikasikan fungisida. Semprotkan fungisida ini secara tepat untuk mengendalikan semua jamur yang menyerang perkebunan tin Anda.