Cara Mengatasi Nematoda Pada Tanaman Tin

Rumah yang dilengkapi dengan tumbuh-tumbuhan memang menjadi idaman semua orang. Apalagi jika koleksinya merupakan tanaman langka yang tidak banyak orang memilikinya. Nah, bila Anda tertarik menanam tumbuhan yang belum banyak dimiliki oleh orang Indonesia tetapi pamornya sudah sangat terkenal, maka tanaman tin adalah jawabannya. Faktanya tanaman yang berasal dari daerah gurun ini ternyata mampu tumbuh baik di Indonesia.

Bagi Anda yang sudah mempunyai tanaman tin, Anda harus berhati-hati. Pasalnya tanaman tin memiliki hama yang cukup banyak. Hama ini dapat menyerang tanaman dan mengakibatkan mati secara mendadak. Salah satu hama tanaman tin yang harus diwaspadai yaitu nematoda alias cacing giling. Nematoda menginfeksi tanaman melalui sekresi air ludah yang mengandung enzim berbahaya sehingga menyebabkan tanaman mengalami nekrosis dan mati.

Serangan nematoda paling banyak disebabkan oleh penggunaan media tanam yang tidak steril. Jadi media tanam tersebut sudah mengandung nematoda sejak awal. Serangan juga dapat terjadi karena Anda menggunakan pot atau polybag bekas yang sebelumnya sudah dihuni oleh cacing giling. Atau bisa juga disebabkan oleh pemilihan benih/bibit yang tidak berkualitas. Benih/bibit tersebut sudah diserang nematoda sejak awal.

PENCEGAHAN

Anda sebenarnya bisa mencegah agar tanaman tin tidak diserang oleh nematoda melalui upaya-upaya yang meliputi :

  1. Pastikan Anda menanam bibit tanaman yang kondisinya benar-benar sehat. Bibit yang sudah terserang wajib melalui proses karantina terlebih dahulu.
  2. Lahan yang akan ditanami tanaman tin perlu diistirahatkan minimal selama sebulan. Caranya cukup dengan tidak menanam tumbuhan apapun di sana.
  3. Tanaman tumbuh-tumbuhan resisten nematoda di sekitar tanaman tin. Contohnya yaitu tomat sehingga nematoda tidak berani datang.
  4. Pengendalian secara biologi dengan memelihara mikroba yang berlawanan. Misalnya seperti Trichoderma harzianum untuk melawan nematoda.
  5. Anda juga bisa menyemprotkan pestisida untuk mencegah serangan nematoda. Silakan gunakan pestisida ini secara bijaksana agar tidak berdampak buruk.

PENGENDALIAN

Untuk tanaman tin yang sudah terlanjur terserang nematoda, Anda bisa mengatasinya memakai cara berikut ini!

  1. Cabutlah tanaman tin yang terkena serangan nematoda. Hal ini biasanya ditandai dengan beberapa daun yang menguning dan layu.
  2. Buang semua media tanam dari dalam pot/polybag. Kemudian siapkan pot/polybag baru dan isilah dengan media tanam yang steril.
  3. Periksa kondisi akar tanaman. Bagian akar yang sudah terserang nematoda harus dipotong menggunakan gunting yang tajam.
  4. Jika serangan pada akar sudah terlalu parah, Anda bisa memotong tanaman tin dan menyambungnya dengan batang bawah dari pohon loa.