Cara Mengatasi Kutu Putih Pada Tanaman Mangga

Tanaman mangga banyak ditanam di Indonesia. Selain karena buahnya yang nikmat, tanaman mangga juga memiliki postur yang rindang sehingga dapat menjadi pohon peneduh. Tak heran rata-rata rumah ditanami dengan tanaman yang satu ini. Saat musim panen tiba, buah mangga yang dihasilkan akan dipetik satu per satu sehingga mampu menciptakan keakraban di dalam keluarga. Pohon ini juga tidak membutuhkan perawatan yang rumit.

Pohon mangga tak terlepas dari serangan hama. Salah satu hama yang cukup berbahaya bagi tanaman ini ialah kutu putih. Kutu putih merupakan serangga berukuran 1-2 mm yang memiliki tubuh berwarna putih. Serangga ini biasanya melakukan serangan secara massal. Kutu putih akan menghisap cairan yang terkandung di dalam pohon mangga. Akibatnya tanaman pun menjadi layu. Jika tidak segera ditangani, tanaman akan mengering perlahan-lahan.

Ada banyak solusi yang dapat dilakukan untuk mengendalikan kutu putih, di antaranya :

Pengendalian secara Hayati

Upaya pengendalian hama kutu putih secara hayati dapat dilakukan dengan memanfaatkan musuh-musuh alami dari serangga ini. Beberapa jenis laba-laba diketahui memangsa kutu putih. Sedangkan tawon Eretmocerus sp. memiliki kebiasaan menyuntikkan telurnya ke tubuh kutu putih ini. Disarankan menanam tumbuhan refugian seperti kenikir di sekitar pohon mangga sebagai pagar alami. Bunga kenikir sangat efektif memancing kedatangan tawon. Pemakaian agensi hayati jenis patogen dari genus Aschersonia dan Verticillium atau jamur Beauveria bassiana juga dapat dilaksanakan.

Pengendalian secara Kimiawi

Insektisida dapat digunakan untuk membasmi kutu putih yang menyerang tanaman mangga. Anda bisa memanfaatkan produk insektisida yang mengandung bahan aktif abamektin, acetamiprid, carbosulfan, buprofezin, atau diafenthiuron. Contoh produk yang sudah terbukti mampu mengatasi serangan hama kutu putih yaitu Curacron 500EC. Selain itu, Anda pun dapat memanfaatkan deterjen pakaian atau sabun cuci piring untuk mematikan kutu putih yang hidup di daun-daun tanaman. Anda cukup mengelap permukaan daun tanaman memakai air sabun.

Pengendalian secara Mekanik

Untuk pengendalian hama kutu putih secara mekanik yang menyerang tanaman mangga dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan tanaman serta mengontrol pertumbuhannya. Anda bisa melakukan pemangkasan tanaman secara berkala untuk mencegah pohon mangga terlalu rimbun sehingga kondisi di dalamnya tidak terlalu lembab. Pangkaslah cabang, ranting, serta daun yang terserang oleh hama dan menunjukkan pertumbuhan yang tidak normal. Selain itu, Anda juga perlu membersihkan gulma yang tumbuh di sekitar tanaman mangga.