Cara Mengatasi Karat Daun Pada Tanaman Tin

Tanaman tin yang Anda budidayakan harus dirawat dengan sepenuh hati. Anda harus memantau kondisi tanaman tersebut setiap hari. Sehingga ketika tanaman tin Anda menunjukkan gejala awal serangan dari penyakit, maka Anda bisa segera melakukan upaya pengendalian. Salah satu penyakit yang menyerang tanaman tin yaitu penyakit karat daun. Penyakit ini ditandai dari perubahan warna permukaan daun tin yang menjadi kecokelat-cokelatan dan mengering dari bagian tepinya.

Biasanya serangan penyakit karat daun yang menimpa tanaman tin terjadi di musim hujan. Pada waktu tersebut, tingkat kelembaban udara begitu tinggi sehingga memicu mikroorganisme untuk berkembang biak dengan subur. Ditambah dengan kondisi tanaman tin yang mengalami penurunan dan perubahan cuaca yang tidak menentu memicu daun-daun mengalami gangguan karat. Gejalanya ditandai dengan daun yang menguning, lalu mengering pada bagian pinggirnya. Lama-kelamaan daun pun akan gugur.

Anda tidak boleh membiarkan penyakit karat daun terus menimpa tanaman tin. Sebab penyakit ini akan menyebabkan pertumbuhan tanaman menjadi tidak bagus. Tanaman tin bakal mengalami penurunan dalam tingkat pertumbuhannya. Pohon tin tersebut akan tumbuh secara lambat. Bahkan bukan tidak mungkin tanaman tin tadi akan mati karena mengalami kekeringan yang terlampau parah. Pengendalian secara dan tepat akan menyelamat tanaman tin Anda dari bahaya tersebut.

Anda bisa memanfaatkan ab mix untuk menyembuhkan tanaman tin yang terkena karat daun. Ab mix merupakan nutrisi tambahan untuk tanaman. Produk ini biasanya digunakan untuk tanaman berjenis hidroponik. Namun ternyata ab mix juga efektif sekali untuk mengatasi karat daun pada tanaman tin. Anda bisa mendapatkan produk ab mix di www.tokotanaman.com. Berikut ini kami beritahukan tata cara dalam menggunakan ab mix untuk mengobati penyakit karat daun pada tanaman tin.

Siapkan Ab Mix yang Asli

Di sini kita akan menggunakan ab mix untuk mengobati tanaman tin yang terserang penyakit karat daun. Namun Anda harus berhati-hati dalam membeli ab mix. Sebab tidak sedikit produk ab mix palsu yang dijual di pasaran. Kemasannya tidak jauh berbeda dengan produk ab mix asli sehingga sulit sekali untuk dibedakan. Jadi lebih baik belilah di toko tanaman yang tepercaya sehingga keaslian produk ab mix yang Anda beli benar-benar terjamin.

Larutkan dengan Air Secukupnya

Untuk menggunakan ab mix, Anda bisa melarutkannya dengan air terlebih dahulu. Anda bisa membaca petunjuk pemakaian produk ini di kemasannya. Usahakan tidak menggunakan ab mix secara berlebihan karenda dapat menimbulkan efek negatif bagi tanaman tin. Anda bisa menggunakan ab mix secara tepat dosis. Setelah itu, aduklah air campuran ab mix ini supaya tercampur merata. Pastikan ab mix sudah terlarut dengan air. Barulah kemudian Anda bisa menuangkannya ke wadah aplikasi.

Aplikasikan ke Tanaman Tin

Ada dua metode yang dapat digunakan untuk menerapkan larutan ab mix ke tanaman tin. Metode yang pertama melalui sistem kocor. Larutan ab mix yang telah dibuat lantas bisa dikocorkan/disiramkan ke media tanam. Usahakan larutan ini tidak mengenai bagian tanaman langsung. Melainkan Anda perlu mengocorkannya pada jarak 20-30 cm dari batang utama. Lakukan pengocoran larutan ab mix ini setiap hari sebanyak 1 gelas/tanaman dengan dosis yang berjenjang sampai tanaman terlihat sembuh.

Sedangkan metode kedua yaitu melalui perendaman. Metode ini hanya bisa diterapkan pada tanaman tin yang ditanam di pot atau polybag. Di sini Anda perlu menyiapkan kontainer/bak yang ukurannya lebih besar daripada diameter pot/polybag. Tuangkan larutan ab mix ke dalam kontainer. Kemudian masukkan pot tanaman tin ke dalam kontainer tersebut. Pastikan ketinggian muka larutan ab mix ini bisa menyentuh media tanam di pot/polybag tadi. Sehingga akar tanaman tin pun akan meminum larutan ab mix sedikit demi sedikit sampai dia sembuh.