Cara Mendapatkan Bakal Bonsai yang Berkualitas Tinggi

Anda mungkin bingung dalam memilih bonsai yang berkualitas tinggi? Bonsai memang selalu menarik untuk dibahas. Dari mulai cara mencari bahan bakunya, proses membentuk bonsai yang benar, sampai dengan langkah-langkah perawatannya. Khusus pada postingan kali ini kita akan belajar tentang proses pencarian bakal bonsai. Seperti apakah bakal bonsai yang bermutu itu? Mengingat tidak semua bibit tanaman bisa dijadikan sebagai bonsai, maka Anda harus melakukan proses pencarian bakal bonsai ini sebaik-baiknya.

Kami sarankan Anda memulainya dengan menentukan gaya bonsai yang ingin dibuat terlebih dahulu. Anda harus tahu arah dan bentuk bonsainya. Semakin jelas gambaran yang ada di benak Anda, maka semakin mudah pula mencarinya. Siapkan minimal 3-5 rencana sekaligus untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang bakal terjadi nanti. Perlu Anda ketahui, menemukan bakal bonsai yang benar-benar tepat sesuai rencana kita itu cukup sulit. Anda harus membuat perencanaan yang matang agar hasilnya memuaskan.

Terdapat sejumlah cara guna mendapatkan bakal bonsai yang kualitasnya bagus, antara lain :

Persemaian dari Biji

Sebagian besar tanaman berkembang biak secara alami melalui biji. Misalnya seperti jeruk lingkit, nam nam, sawo, dan sebagainya. Nah, Anda bisa menyemai biji tersebut dengan maksud untuk memeliharanya menjadi bakal bonsai yang ideal. Kelebihan metode ini yaitu kita bisa merencanakan dan menentukan gaya tanaman sejak ukurannya masih kecil. Namun Anda butuh kesabaran yang tinggi untuk merawat tanaman ini selama bertahun-tahun sampai membentuk bonsai yang sesuai keinginan kita.

Cangkok, Stek, dan Okulasi

Tumbuh-tumbuhan juga dapat dikembangbiakkan melalui proses vegetatif. Di antaranya ialah cangkok, stek, dan okulasi. Ketiga metode perkembangbiakkan tanaman ini mempermudah kita dalam memperbanyak jumlah tanaman. Waktu yang dibutuhkan pun relatif singkat. Tanaman yang mengandung kayu bisa dengan gampang diperbanyak melalui metode-metode ini. Hampir semua tanaman yang memenuhi syarat menjadi tanaman bonsai juga dapat diperbanyak menggunakan cangkok, stek, atau okulasi.

Anakan dari Akar

Beberapa tanaman berkembang biak melalui anakan-anakan yang tumbuh dari akarnya. Kebiasaan ini umumnya terjadi pada tanaman-tanaman yang mempunyai sistem perakaran yang panjang dan tumbuh secara menjalar. Contohnya yaitu tanaman sisir dan ranting putri. Anda pun dapat mengaplikasikan metode ini guna memperoleh bakal tanaman bonsai yang berkualitas tinggi. Anda tinggal memisahkan anakan-anakan yang tumbuh di sekitar tanaman induknya, lalu merawatnya dengan baik.

Perburuan di Alam

Berburu bakal bonsai sudah menjadi kegiatan yang lumrah dilakukan oleh para pencinta tanaman bonsai. Tujuannya cuma satu yaitu mendapatkan bakal bonsai seindah-indahnya yang telah terbentuk secara alami. Anda bisa melakukan perburuan bakal bonsai di sungai, muara, pesisir, hutan belantara, sampai puncak gunung. Biasanya tanaman yang berjenis ficus bisa ditemukan menempel di pohon lain, bangunan tua, tepi sungai, atau batu-batu karang. Bakal bonsai yang diambil di alam ini memiliki keunggulan tersendiri yaitu bentuknya sudah sedikit terbentuk serta ukurannya kerdil.