Cara Menanam Rumput Gajah yang Baik

Rumput gajah (Pennisetum purpureum) ialah rumput berukuran besar yang mengandung nutrisi tinggi. Oleh karenanya, rumput ini biasa dipakai sebagai pakan ternak. Kambing, sapi, kerbau, dan gajah sangat menyukai rumput ini. Secara morfologi, rumput gajah ini tumbuh secara tegak lurus, merumpun lebat, tinggi tanaman bisa mencapai  7 meter, berbatang tebal dan keras, dan daunnya panjang. Rumput gajah mengandung 42,3% bahan ekstrak, 34,2% serat kasar, 19,9% bahan kering, 11,7% abu, 10,2% protein kasar, dan 1,6% lemak.

Rumput gajah biasanya dimanfaatkan untuk pakan binatang ternak seperti kambing, sapi, dan kerbau. Rumput ini mengandung vitamin, mineral, dan protein yang tinggi sehingga bagus untuk mendukung pertumbuhan hewan-hewan ternak. Anda bisa menggunakannya sebagai pakan utama untuk binatang ternak. Selain itu, rumput gajah ini juga mempunyai tingkat pertumbuhan yang tinggi. Rumput ini cepat tumbuh besar serta tidak membutuhkan perawatan yang rumit untuk menanamnya.

Lantas bagaimana caranya menanam rumput gajah ini? Yuk, kita tanam secara bersama-sama!

Siapkan Lahan Tanamnya

Rumput gajah tumbuh subur di lahan yang terletak pada ketinggian 2000 meter di atas permukaan laut. Penanaman rumput ini bisa dilakukan secara tumpang sari dengan tanaman lain atau di lahan tersendiri. Rumput ini memiliki fungsi tambahan untuk mengurangi terpaan hembusan angin kencang yang dapat merobohkan tanaman lain. Anda bisa menanamnya di pematang sawah, guludan, atau ladang. Lakukan proses persiapan lahan sebagaimana biasanya. Anda perlu membersihkan lahan tersebut serta memberi pupuk kandang sebagai pupuk dasar.

Siapkan Bibit Rumput Gajah

Tanaman rumput gajah terbilang sangat gampang ditanam. Perbanyakan tanaman ini dapat dilakukan dengan menanam bijinya. Kalau mau lebih mudah lagi, Anda bisa memperbanyak rumput ini dengan metode stek batang. Cukup tanamkan saja batang rumput gajah, maka cepat atau lambat akan tumbuh tunas daun dari masing-masing ruasnya. Bila perlu, Anda bisa membeli bibit rumput gajah secara online di www.tokotanaman.com dengan harga yang terjangkau.

Tanamlah Bibit di Lahan

Proses penanaman rumput gajah sangat mudah. Anda hanya perlu menanam batangnya dengan sudut kemiringan tanam 45 derajat. Usahakan setiap batang yang menjadi bibit mempunyai 3-5 ruas. Setiap ruas ini nantinya akan memunculkan daun baru. Tanaman ini juga cepat menyebar ke samping hingga membentuk rumpun yang sangat rimbun. Sedangkan bila Anda ingin menanam rumput gaja dari biji, maka diperlukan proses penyemaian biji ini di polybag terlebih dahulu. Barulah setelah biji ini tumbuh menjadi bibit setinggi 20-30 cm, Anda bisa langsung menanamnya di lahan.

Rawat Tanaman dengan Baik

Pada dasarnya, rumput gajah mempunyai daya tahan yang sangat tinggi. Rumpun ini mampu tumbuh dengan baik bahkan di lahan yang kritis sekalipun. Maka tak heran, masyarakat di Benuh Afrika paling senang membudidayakan rumput ini. Namun agar rumput gajah yang Anda tanam cepat tumbuh besar serta pertumbuhannya subur sekali dengan daun yang besar dan panjang, mau tak mau Anda harus memeliharanya. Anda hanya perlu memastikan tanaman ini bisa mendapatkan air yang dibutuhkannya. Jika tidak turun hujan, disarankan untuk menyiraminya.

Selain itu, pemupukan juga sangat penting bagi keberlangsungan kehidupan rumput gajah ini. Pupuk menyediakan nutrisi yang menjadi makanannya. Tanaman rumput gajah akan tumbuh menjadi besar dan gemuk apabila bisa memperoleh makanan yang banyak. Oleh sebab itu, Anda perlu memberikan pupuk tambahan ke tanaman ini. Seperti pupuk kandang, pupuk NPK, dan pupuk urea dengan dosis yang tepat. Selain itu, pembersihan gulma juga perlu dilakukan agar tidak menjadi pesaing bagi rumput gajah. Potonglah gulma yaitu semua tanaman selain rumput gajah yang tumbuh di lahan.

Pemanenan Rumput Gajah

Proses pemanenan rumput gajah tahap pertama dapat dilakukan setelah tanaman ini mencapai usia 90 hari setelah tanam. Kemudian panen berikutnya bisa dilakukan secara rutin setiap 40 hari sekali pada musim penghujan atau 60 hari sekali pada musim kemarau. Cara memanen rumput gajah yaitu memotong batang tanaman ini hingga menyisakan tinggi batang sekitar 10-15 cm dari permukaan tanah. Diketahui tingkat produksi hijauan rumput gajah berkisar antara 100-200 ton/hektar/tahun. Sedangkan peremajaan tanaman tua dapat dilakukan setelah usia rumput gajah mencapai 4-6 tahun.