Cara Menanam Lumut Hijau untuk Memperindah Tanaman Bonsai

Menanam bonsai bukanlah sekadar aktivitas biasa, tetapi ini merupakan suatu kesenian untuk membuat sebuah mahakarya yang hidup. Yap, bonsai merupakan seni yang hidup. Keindahannya tidak menetap, melainkan terus tumbuh seiring dengan pertumbuhan tanaman bonsai tersebut. Guna menyempurnakan keindahan tanaman bonsai, Anda dapat menanam lumut sebagai karpet hidup yang menutupi media tanamnya. Keberadaan lumut akan membuat bonsai nampak lebih alami.

Lumut aman ditanam mengelilingi tanaman bonsai sebab lumut tidak bersifat parasit. Lumut mengambil makanan sendiri dari dalam media tanam serta tidak mencurinya dari tanaman bonsai. Jadi pertumbuhan tanaman bonsai Anda tidak terpengaruhi dengan adanya lumut yang tumbuh di sekelilingnya. Tapi Anda harus memberikan perawatan yang lebih mendalam agar keduanya, baik tanaman bonsai maupun lumut, dapat tumbuh dengan baik dan tidak mengganggu satu sama lain.

Bagi Anda yang tertarik menanam lumut bersama dengan tanaman bonsai, silakan Anda bisa mengikuti panduan langkah-langkah berikut ini!

Cari Bibit Lumutnya Dulu Yuk!

Bibit lumut untuk tanaman bonsai bisa Anda cari sendiri loh. Biasanya lumut ini tumbuh subur di daerah-daerah yang memiliki kelembaban tinggi. Misalnya seperti di dalam pedalaman hutan, sepanjang aliran sungai, bagian bawah batu, sekitar pohon yang rimbun, atau tembok yang lembab. Silakan Anda ambil lumut ini sampai ke akarnya menggunakan cetok, lalu masukkan ke dalam tempat makan yang telah diisi sedikit air. Sebenarnya kalau tak mau repot, Anda dapat membeli bibit ini di www.tokotanaman.com. Kami menyediakan berbagai jenis bibit lumut untuk tanaman bonsai.

Siapkan Media Tanam yang Tepat

Media tanam yang cocok digunakan untuk menanam lumut pada dasarnya sama seperti media tanam yang biasa dipakai untuk bonsai. Anda bisa menggunakan tanah, pasir, kompos, cocopeat, atau campuran dari bahan-bahan ini. Umumnya lumut cenderung lebih suka tumbuh di tempat yang basah dan memiliki tingkat kelembaban yang cukup tinggi. Media tanam yang subur tentunya sangat bagus untuk digunakan. Sebisa mungkin, bersihkan dahulu media tanam ini sebelum dipakai. Lantas Anda bisa menyiraminya agar kondisinya menjadi cukup basah.

Mulai Menanam Lumut untuk Bonsai

Media tanam yang akan ditanami lumut perlu disiram dengan air terlebih dulu supaya kondisinya menjadi basah. Lantas ambil bibit lumut dengan hati-hati, lalu letakkan begitu saja tepat di atas media tanam tadi. Berikan tekanan sedikit ke arah bawah agar akar lumut ini agak terbenam di dalam media tanam. Setelah itu, Anda bisa menaburkan pasir ke susunan bibit-bibit lumut ini sampai cukup tertimbun tanah. Jangan lupa untuk kemudian membersihkan bagian atas lumut dari taburan pasir yang mengenainya. Sapulah memakai kuas sampai bersih.

Merawat Lumut agar Tumbuh Subur

Ketika baru ditanami lumut, pot yang telah berisi bonsai wajib diletakkan di tempat yang teduh selama 3-5 hari. Lumut tersebut tidak boleh terpapar sinar matahari langsung saat baru saja ditanam supaya tidak terbakar dan mengering. Anda bisa menaruh pot di tempat yang kondisinya cukup lembab dan aman dari sengatan cahaya mentari. Contohnya seperti di dalam kamar mandi, samping kamar mandi, dekat kolam ikan yang teduh, atau bawah pohon yang rindang.

Selama proses adaptasi ini berlangsung, Anda bisa menyirami lumut memakai semprotan air. Caranya cukup dengan menyemprotkan air ini ke tepat ke arah lumut sampai kondisinya cukup basah. Kalau bisa tambahkan ZPT atau air sari bawang merah ke dalam air siraman ini untuk merangsang pertumbuhan lumut agar semakin subur. Siramilah setiap pagi dan sore hari. Barulah kemudian Anda bisa mengenalkan lumut ke sinar matahari secara perlahan-lahan dengan sedikit demi sedikit memindahkannya ke tempat terbuka.