Cara Menanam Lidah Mertua di Pot

Tidak ada satu pun alasan bagi seorang pencinta tanaman untuk tidak menanam tumbuhan di lingkungan tempat tinggalnya. Termasuk bila Anda merupakan orang yang sibuk bekerja atau Anda mempunyai lahan yang terbatas. Sebab Anda masih bisa kok menanam tumbuhan yang tidak membutuhkan perawatan yang terlampau rumit. Anda juga bisa menanam di pot atau polybag untuk mengatasi lahan yang tidak terlalu luas.

Lantas, apa sih jenis-jenis tanaman yang sebaiknya dipelihara oleh orang yang sibuk seperti Anda? Jawabannya yaitu tanaman kaktus dan sukulen. Kedua jenis tanaman ini memang tepat sekali kalau ditanam oleh Anda. Sayangnya kaktus memiliki duri yang berbahaya, khususnya bagi anak-anak. Itu sebabnya, Anda bisa menanam tumbuh-tumbuhan sukulen. Lidah mertua misalnya. Saat ditanam di pot, tanaman ini tak kalah menarik kok.

Ikuti panduan di bawah ini jika Anda berniat menanam lidah mertua dalam pot!

Alat dan Bahan :

  • Lidah mertua
  • Pot
  • Tanah
  • Sekam padi
  • Pecahan genteng
  • Cetok

Langkah-langkah :

  1. Menanam lidah mertua yang paling mudah dari anakannya. Anda bisa memisahkan anakan lidah mertua ini dari indukannya menggunakan cutter. Namun Anda juga bisa menanam lidah mertua dari biji. Anda bisa menyemainya di polybag terlebih dahulu. Setelah cukup besar, pindahkan tanaman ini ke pot.
  2. Media tanam yang bagus untuk lidah mertua adalah media yang bersifat porous dan cenderung kering. Anda bisa membuatnya dari campuran tanah dan sekam padi. Anda bisa mencampurkan tanah dan sekam padi dengan perbandingan 3:1. Aduk beberapa saat agar kedua bahan ini tercampur secara merata.
  3. Kami sarankan gunakan pot yang memiliki diameter minimal 25 cm. Pot dari tanah liat jauh lebih baik daripada pot plastik karena dapat mengatur kelembaban media tanam. Masukkan pecahan genteng ke dalam pot sebagai dasar. Setelah itu, masukkan pula media tanam yang telah dibuat ke dalamnya sampai memenuhi setengah bagian.
  4. Tanamkan bibit lidah mertua ke dalam pot. Setiap pot cukup ditanami satu bibit saja karena tanaman ini mudah sekali berkembang. Kami jamin dalam waktu 3-4 bulan ke depan, maka pot sudah dipenuhi oleh tanaman lidah mertua. Jadi Anda hanya perlu menanam satu bibit saja di masing-masing pot.
  5. Tahan posisi bibit lidah mertua menggunakan tangan kiri. Selanjutnya isilah kembali pot tersebut dengan media tanam sampai terisi penuh. Berikan sedikit tekanan di bagian pangkal tanaman supaya lidah mertua dapat berdiri tegak dan kokoh. Setelah itu, pindahkan pot di tempat yang bisa mendapatkan sinar matahari langsung.