Cara Menanam Daun Bawang di Pot dan Polybag

Bagaimana cara menanam daun bawang di pot dan pilybag? Tanaman daun bawang dapat tumbuh dengan baik saat dipelihara di daerah yang memiliki ketinggian sekitar 250-1.500 m di atas permukaan laut. Tingkat keasaman tanah yang disukai oleh tanaman ini berkisar antara 6,5-7,5 dengan suhu udara rata-rata mencapai 18-25 derajat celsius. Hampir semua jenis tanah bisa ditanami daun bawang seperti andosol, alluvial, latosol, dan regosol.

Proses penanaman daun bawang terbilang sangat mudah. Anda cukup menanam langsung bibit tanaman ini ke dalam media tanam tanpa perlu melakukan penyemaian di media yang berbeda. Saking gampangnya membudidayakan tanaman daun bawang, bahkan Anda bisa menanam sayuran ini di dalam pot maupun polybag. Tentunya selain dapat menyalurkan hobi berkebun Anda, hasilnya juga bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan dapur. Malahan kalau tanamannya tumbuh subur, Anda bisa menjual daun bawang tersebut kepada orang lain.

Berikut ini langkah-langkah praktis dalam menanam daun bawang :

  1. Siapkan media tanam yang akan digunakan untuk menanam bibit daun bawang. Caranya yaitu campurkan tanah dan pupuk kompos dengan perbandingan yang sama. Usahakan tanah yang dipakai memiliki tingkat porositas yang baik. Kemudian media tanam in dimasukkan ke dalam pot atau polybag hingga terisi penuh.
  2. Bibit daun bawang berupa tanaman daun bawang yang masih berusia muda. Sebelum ditanam, bibit ini perlu dipotong terlebih dahulu hingga menyisakan batang bagian bawah dengan ketinggian sekitar 10-15 cm. Anda juga bisa menggunakan benih daun bawang, tetapi waktu pemeliharaannya akan lebih lama.
  3. Buat lubang pada media tanam seukuran jari telunjuk dengan kedalaman antara 3-5 cm. Lalu tanamkan bibit tanaman daun bawang pada lubang tersebut. Jarak penanaman sebaiknya 10 x 10 cm, jangan terlalu rapat atau pun terlalu longgar.
  4. Bibit-bibit daun bawang yang telah ditanam ini selanjutnya disiram menggunakan air dalam jumlah yang secukupnya. Kemudian pindahkan pot/polybag tersebut ke tempat yang aman dan bisa mendapatkan pancaran sinar matahari langsung.
  5. Perawatan yang harus diberikan kepada tanaman daun bawang ini tidak begitu rumit. Anda hanya perlu menyiramnya dengan air setiap 2-3 kali setiap hari menyesuaikan kondisi lingkungan. Dalam setiap penyiraman, jumlah air yang dipakai sekitar dua gelas saja.

Silahkan mencobanya di rumah!