Cara Menanam Bunga Kertas dengan Stek Batang

Jikalau Anda ingin taman yang dipenuhi oleh bunga berwarna-warni setiap hari, kami sarankan cobalah tanam bunga kertas. Bunga kertas (bougenville) adalah tanaman hias yang berukuran kecil dan sukar tumbuh tegak. Genus Bougainvillea termasuk di dalam famili Nyctaginaceae. Bunga kertas terkenal rajin menumbuhkan bunga. Tetapi bagian yang sering dianggap bunga, sebenarnya adalah seludung bunga. Sedangkan bunganya sendiri terletak di tengah.

Kini bunga kertas sudah mempunyai warna yang bermacam-macam. Ada yang berwarna pink, putih, kuning, jingga, merah, dan ungu. Bahkan ada pula pohon bunga kertas yang sanggup menumbuhkan bunga dengan warna yang bermacam-macam. Hal tersebut tidak terlepas dari mudahnya menanam bunga kertas. Anda juga bisa menanam bunga kertas menggunakan stek batang. Kami jamin kemungkinan besar stek batang tersebut akan tumbuh menjadi tanaman.

Biar Anda semakin yakin dalam membuat stek batang bunga kertas, silakan ikuti panduan dari kami berikut ini. Jangan lupa share ya!

Alat dan Bahan :

  • Bunga kertas
  • Cutter
  • Gunting
  • Media tanam
  • Polybag
  • Bawang merah

Langkah-langkah :

  1. Siapkan tanaman bunga kertas yang ukurannya sudah cukup dewasa. Pilihlah cabang yang memiliki diameter minimal 1 cm dan umurnya sudah cukup tua.
  2. Potong cabang tanaman tersebut menggunakan gunting yang tajam. Hati-hati saat melakukannya. Jangan sampai cabang tadi terkoyak atau patah.
  3. Pangkaslah daun yang tumbuh di potongan cabang tersebut. Hal ini bertujuan untuk mengurangi tingkat penguapan air pada tanaman.
  4. Raut bagian ujung pangkal potongan cabang bunga kertas menjadi lancip memakai cutter. Usahakan hasilnya mulus tanpa ada bagian yang tersayat.
  5. Rendam bagian pangkal potongan cabang bunga kertas ke dalam tumbukan bawang merah. Gunanya untuk merangsang pertumbuhan akar.
  6. Buatlah media tanam dari campuran tanah dan pupuk kompos dengan perbandingan 1:1. Anda juga bisa memakai sekam padi. Masukkan media tanam ini ke polybag.
  7. Tanamkan batang bunga kertas tepat di tengah-tengah polybag. Usahakan bagian pangkalnya menancap sedalam 3-5 cm di media tanam.
  8. Letakkan polybag yang telah berisi stek batang bunga kertas di tempat yang teduh. Siram setiap hari untuk menjaga kelembaban dan memicu pertumbuhannya.

Demikian caranya. Semoga Anda berhasil melakukannya sendiri.