Cara Menanam Biji Seledri agar Tumbuh Subur

Anda mungkin senang memasak makanan menggunakan seledri sebagai bumbunya? Bahan makanan yang satu ini memang cocok sekali ditambahkan ke dalam makanan yang berkuah seperti sup atau soto. Penambahan seledri akan membuat rasa dan aroma masakan semakin mantap. Hal ini berkat kandungan minyak atsiri di dalam seledri. Biasanya sih seledri akan dipotong-potong kecil terlebih dahulu sebelum ditambahkan ke masakan.

Bagi Anda yang memang hobi banget mengonsumsi seledri, Anda bisa mencoba menanamnya sendiri loh. Lumayan kan untuk persediaan bumbu di dapur. Yang pastinya Anda bisa memetik sesuka hati dengan gratis. Apalagi kalau seledri yang Anda tanam tumbuh subur, maka Anda bisa menjualnya kepada para tetangga. Wah, ini bisa menjadi pemasukan tambahan nih. Faktanya menanam seledri itu tidak terlalu sulit kok.

Yuk, kita coba menanam seledri dari bijinya!

Pengadaan Benih

Benih seledri berupa biji yang masih hidup dan siap untuk ditanam. Anda bisa membeli benih seledri di www.tokotanaman.com atau toko-toko tanaman terdekat. Harganya murah sekali kok karena memang tanaman ini mudah dibudidayakan. Jika beruntung, Anda juga bisa mendapatkannya di pasar tradisional. Biji seledri ini ukurannya sangat kecil ya. Jadi Anda harus hati-hati saat menanamnya nanti.

Pemilihan Benih

Anda perlu memisahkan antara benih yang masih hidup dan sudah mati. Tidak perlu bingung bagaimana cara memilihnya. Anda juga tidak perlu memeriksanya satu per satu. Cara memilih benih seledri yang paling mudah yaitu merendamnya di air hangat selama 10-12 jam. Setelah itu, periksa benih tersebut. Benih yang tenggelam di air artinya masih penuh dan bisa ditanam. Sedangkan benih yang terapung di air sudah kopong sehingga tidak dapat ditumbuhkan.

Penyemaian Benih

Proses penyemaian benih seledri bisa dilakukan memakai media berupa kapas. Sebelumnya kapas ini dimasukkan ke dalam wadah yang berwarna hitam. Kemudian basahi kapas tersebut memakai air secukupnya. Letakkan biji-biji seledri di atas kapas yang basah. Aturlah dengan susunan yang rapi. Kemudian pindahkan wadah penyemaian ini di tempat yang lembab dan agak gelap. Siram secara berkala agar kondisi kapasnya tetap basah.

Penyiapan Media Tanam

Kami menyarankan Anda menanam seledri di pot atau polybag. Lebih bagus lagi apabila Anda menggunakan kotak kayu sebagai tempat penanamannya karena bisa menampung media tanam lebih banyak. Tapi bila Anda ingin menanamnya langsung di tanah pun tidak apa-apa. Ada baiknya menanam seledri di tanah tidak dilakukan di musim penghujan sebab derasnya air hujan bisa merusak tanaman ini. Gunakan media tanam yang subur dan gembur seperti biasanya.

Penanaman Seledri

Benih yang sudah memiliki akar bisa Anda tanamkan di tanah. Waktu penanaman yang paling baik adalah pagi hari. Buatlah lubang tanam dengan kedalaman 10-15 mm terlebih dahulu. Jarak antara lubang tanam yang ideal sekitar 10-20 cm. Lalu tanamkan bibit seledri ke dalamnya. Jika kesulitan mengambil bibit seledri yang memang ukurannya sangat kecil ini, Anda bisa menggunakan pinset. Ulangi proses ini sampai seluruh bibit tanaman berhasil Anda tanamkan.

Pemeliharaan Tanaman

Merawat tanaman seledri tidak usah aneh-aneh. Anda hanya perlu menyiraminya secara rutin. Pada dasarnya, tanaman ini sangat menyukai air tetapi tidak tahan dengan genangan air. Selain itu, batangnya yang kecil dan getas juga sangat rapuh. Batang tersebut bisa tiba-tiba patah apabila terkena air siraman yang terlalu deras. Oleh sebab itu, Anda perlu menyirami tanaman ini dengan hati-hati supaya tidak malah merusaknya.