Cara Menanam Biji Jambu Monyet

Bagaimana cara menanam biji jambu monyet? Pohon jambu monyet dapat diperbanyak secara generatif dan vegetatif. Pada perkembangbiakkan jambu monyet secara generatif, Anda bisa menanam bijinya langsung di media tanam yang sesuai. Sedangkan perkembangbiakkan jambu monyet secara vegetatif dapat dilakukan dengan metode stek, cangkok, dan okulasi.

Pada saat Anda ingin menumbuhkan biji jambu monyet, perhatikan berat biji tersebut dengan seksama daripada ukurannya. Biji yang berat menandakan bahwa di dalamnya terisi tunas yang penuh sehingga akan menghasilkan tanaman yang lebih apabila dikecambahkan. Untuk memilih biji yang berat, Anda bisa merendamnya di dalam larutan gula dengan konsentrasi kira-kira 20 persen. Biji jambu monyet yang tenggelam bisa dipakai sebagai benih.

Setelah Anda berhasil mendapatkan biji jambu monyet yang bagus, proses pembibitan selanjutnya adalah sebagai berikut!

Persiapan Pembibitan

Benih jambu monyet yang akan dibibitkan harus disimpan terlebih dahulu minimal selama 2-3 bulan hingga maksimal 7-12 bulan tergantung varietas dan tempat penyimpanannya. Contohnya biji yang disimpan di dalam karung goni masih mempunyai daya kecambah yang bagus walaupun telah disimpan selama lebih dari 6 bulan. Sebelum disemai di dalam media persemaian, biji-biji jambu monyet ini harus disortir terlebih dahulu sesuai dengan petunjuk di atas. Tujuannya adalah memilih benih yang bernas dan memisahkan benih yang sudah mati.

Pelaksanaan Persemaian

Siapkan polybag. Buat media persemaian yang terdiri atas tanah dan pupuk kompos dengan perbandingan 2:1. Setelah media tersebut tercampur rata, masukkanlah ke dalam polybag hingga memenuhi seluruh volumenya. Kemudian tanamkan biji jambu monyet, di mana setiap polybag cukup diisi dengan satu biji. Setelah itu, taburkan pestisida seperti Furadan di sekeliling muka polybag untuk mencegah serangan semut dan rayap. Polybag-polybag persemaian ini lantas diletakkan di tempat yang teduh dan dekat sumber air untuk memudahkan perawatan.

Perawatan Bibit

Selama dalam masa persemaian, bibit jambu monyet harus senantiasa dirawat dengan baik untuk mendukung pertumbuhannya. Anda perlu menyiram bibit tanaman tersebut sebanyak 2 kali per hari untuk menjaga kondisi kelembaban media tanamnya. Cabutilah semua rumput yang tumbuh di dalam polybag agar tidak mengganggu pertumbuhan tanaman jambu monyet. Setiap sebulan sekali, Anda pun wajib memberikan pupuk kandang sehingga tingkat kesuburan media tanam dapat terjaga dengan baik. Bibit jambu monyet bisa mulai dipindahkan ke lahan setelah usianya mencapai 5-6 bulan.

Penanaman Bibit

Waktu penanaman bibit jambu monyet paling baik dilaksanakan pada saat awal musim penghujan, yakni antara bulan November sampai Desember. Jarak penanaman bibit yang ideal adalah 5 x 5 m hingga 8 x 8 m. Proses pemindahan tanaman paling baik dikerjakan ketika pagi hari sebelum jam 9. Usahakan sistem perakaran tanaman tidak mengalami kerusakan yang serius saat pemindahan tengah berlangsung. Guna mengurangi penguapan, Anda juga bisa memangkas beberapa bagian daun tanaman. Setelah bibit berhasil ditanamkan, tutupilah area di sekeliling pangkal batang menggunakan mulsa untuk menjaga tingkat kelembabannya,