Cara Menanam Bibit Apel India (Putsa) agar Cepat Berbuah

Sering kali kita terkendala dengan kondisi lingkungan kalau ingin menanam buah apel. Pohon apel memang hanya dapat tumbuh di daratan tinggi saja. Tanaman ini akan mati terbakar jika Anda memaksa menanamnya di dataran rendah yang notabene mempunyai kondisi cuaca yang lebih panas. Bagi Anda yang tetap ingin menanam pohon apel di dataran rendah, Anda bisa menanam buah putsa atau dikenal pula dengan sebutan tanaman apel india ini.

Apel india, putsa, atau bidara (Ziziphus mauritiana) adalah tanaman kecil penghasil buah yang tumbuh di daerah kering. Di habitat alaminya, tanaman ini mampu tumbuh hingga tingginya mencapai 15 m dengan diameter batang sampai 40 cm. Cabang-cabang umumnya menyebar dan menjuntai. Ranting-rantingnya tumbuh simpang siur dan berambut pendek. Daun-daun tunggal terletak berseling. Helai daunnya bundar telur menjorong sekitar 2-9 cm x 1-5 cm. Buah batu berbentuk bulat hingga bulat telur.

Tanaman putsa relatif cukup mudah ditanam. Tanaman ini memiliki kemampuan beradaptasi yang baik dan daya tahannya pun sangat tangguh. Sehingga bagi Anda yang tertarik menanam buah apel, maka tanaman putsa ini dapat menjadi alternatif yang tepat. Menanam tumbuhan putsa jauh lebih mudah dilakukan ketimbang menanam pohon apel. Perawatannya sangat gampang serta tidak membutuhkan teknik menanam yang rumit. Anda wajib mencobanya.

Membeli Bibit Putsa yang Sudah Berbunga

Kalau mau bibit tanaman yang baru Anda tanam cepat menghasilkan buah, Anda harus membeli bibit yang sudah memiliki bunga. Sehingga bibit tersebut benar-benar sudah dewasa serta tak butuh waktu lama bagi Anda untuk menunggunya berbuah. Anda dapat membeli bibit putsa yang sudah berbunga di www.tokotanaman.com dengan harga yang murah. Kami selalu berusaha untuk mengirimkan bibit berkualitas terbaik kepada para pembeli. Silakan Anda bisa mengeceknya langsung di online store kami.

Memindahkan ke Tempat yang Lebih Luas

Kami menyarankan Anda menanam tanaman putsa ini di pot atau polybag agar perawatannya lebih mudah dilakukan. Namun bisa Anda mau menanamnya langsung di tanah, pastikan lahan yang digunakan sudah bersih dari nematoda dan hama lain yang dapat merusak akar tanaman. Anda bisa memakai campuran tanah, pupuk kandang, dan sekam padi sebagai media tanam. Gunakan pot, polybag, atau planterbag yang memiliki diameter minimal 30 cm. Sebaiknya bibit yang baru dipindahkan ini diletakkan di tempat yang teduh.

Merawat Tanaman supaya Tumbuh Subur

Tanaman putsa yang sudah memiliki bunga menandakan kalau kondisinya sudah dewasa. Jadi seharusnya tanaman tersebut lebih mudah dirawat daripada bibit yang masih kecil. Perawatan dasar yaitu menyirami tanaman setiap pagi setiap hari. Siramlah media tanamnya dengan air secukupnya saja. Berhubung tanaman tersebut sudah mempunyai bunga, sebaiknya letakkan tanaman ini di tempat yang teduh supaya terhindar dari panas yang berlebih atau siraman air hujan secara langsung yang dapat menyebabkan bunganya rontok.