Cara Memperbanyak Cabang Pohon Tin, Terbukti Berhasil!

Anda mungkin tertarik untuk menanam pohon tin? Walaupun bukan merupakan tanaman asli Indonesia, tetapi tanaman tin ternyata tumbuh baik di sini. Tanaman tin bisa tumbuh subur di Indonesia meskipun kondisinya sangat berbeda dengan habitat alaminya. Tentunya ini merupakan sebuah kabar yang begitu menggembirakan. Pasalnya tanaman tin memang mempunyai banyak manfaat. Namun karena harganya yang mahal membuat kita harus berpikir berulang-ulang sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli. Nah dengan menanamnya sendiri, Anda bebas mau memetiknya kapan saja.

Anda bisa membeli bibit tin di www.tokotanaman.com secara online. Kami menyediakan berbagai jenis bibit tin, dari mulai yang paling umum di pasaran sampai tin yang langka. Silakan Anda bisa memilihnya sendiri sesuai selera pribadi. Agar tanaman tin yang sudah Anda tanam tumbuh dengan suburnya, Anda harus merawat tanaman tersebut. Harapannya tanaman tin yang dirawat dengan baik tersebut bakalan menghasilkan buah yang lebat. Wah, pasti menyenangkan sekali kalau impian ini dapat tercapai. Anda bisa menikmati buah tin sepuas hati dan menjual lagi sisanya ke orang lain.

Buah tin tumbuh di bagian ketiak daun pada cabang-cabang tanaman tin. Semakin banyak cabang yang dimiliki, maka semakin besar pula peluang pohon tin tersebut menghasilkan buah yang lebat. Untungnya kita bisa merangsang pembentukan cabang baru pada tanaman tin ini. Caranya yaitu melalui mekanisme pemangkasan. Anda mungkin masih merasa sayang kalau harus memangkas pohon tin. Namun faktanya ialah tanaman tin yang rutin dipangkas justru pertumbuhannya akan semakin subur. Masih tak percaya? Yuk, Anda buktikan sendiri mengikuti langkah-langkah sebagai berikut!

Periksa Kondisi Kesehatan Tanaman Tin

Sebelumnya kami ingatkan. Upaya pemangkasan untuk merangsang tumbuhnya cabang baru pada tin sebaiknya dilakukan hanya jika kondisi tanaman tersebut sedang sehat dan pertumbuhannya bagus. Hal ini bertujuan untuk mencegah melambatnya pertumbuhan tanaman atau bahkan kematian secara tiba-tiba. Bagaimana cara mengetahui pertumbuhan tanaman tin sedang bagus? Anda bisa melihat bagian puncak tanaman. Apabila di sana terdapat tunas daun yang masih kuncup artinya kondisi tanaman tin sedang subur. Selanjutnya Anda bisa mulai melakukan pemangkasan.

Siapkan Gunting untuk Pemangkasan

Alat yang kita gunakan untuk memangkas tanaman tin cukup hanya gunting saja. Kalau bisa gunting khusus untuk keperluan pemangkasan pohon. Namun bila tidak ada, Anda tetap bisa memakai gunting jahit biasa. Sebelumnya gunting tersebut perlu disterilkan terlebih dahulu. Caranya yaitu Anda dapat mengelap permukaannya dengan cairan alkohol secara merata. Trik alternatif lainnya yakni merendam gunting di dalam air panas yang baru mendidih. Gunting untuk memangkas tanaman memang wajib disterilkan untuk mencegah terjadinya penularan penyakit.

Potong Tunasnya dengan Gunting Steril

Setelah kondisi gunting sudah steril, kini Anda bisa mulai menggunakan untuk memangkas tanaman tin. Gunting tersebut sudah aman digunakan serta tidak berisiko menjadi media penularan penyakit. Adapun bagian pohon tin yang perlu dipangkas yaitu tunas daunnya yang masih kuncup. Ya, tepat sekali! Anda cukup memangkas semua tunas daun yang ditumbuhkan oleh setiap cabang. Potonglah tunas tersebut memakai gunting tadi. Ingat, cukup pada bagian kuncup tunas daunnya saja. Nantinya akan tumbuh tunas baru di samping bekas potongannya serta tunas-tunas lain di sepanjang cabang. Jumlahnya bisa mencapai 3-5 tunas baru. Tunas inilah yang nantinya akan tumbuh menjadi cabang.

Berikan Pupuk Kandang dan Sering Disiram

Tentunya pemangkasan akan membuat kondisi tanaman menjadi sedikit stres. Ini merupakan masa-masa yang rentan bagi pohon tin. Bukan tidak mungkin dari bekas potongan tadi, bibit penyakit atau hama kutu putih bisa menyerang tanaman. Jadi hendaknya Anda mengoleskan fungisida tepat di bagian bekas pemangkasannya. Kemudian berikan pupuk kandang secukupnya di sekitar batang tanaman untuk meningkatkan kesuburan media tanam. Jangan lupa untuk menyirami tanaman ini setiap hari. Dengan melakukan perawatan ini, kondisi tanaman ini akan segera pulih dan pertumbuhannya pun menjadi subur kembali.