Cara Memilih Buah yang Baik

Bagaimana cara memilih buah yang baik? Buah merupakan bagian dari tanaman yang mengandung nutrisi yang tinggi, terutama vitamin dan mineral. Ada banyak sekali buah-buahan yang bisa dinikmati. Di antaranya mangga, manggis, salak, pisang, jeruk, alpukat, durian, semangka, melon, duku, pepaya, apel, dan sawo. Agar nilai gizi yang didapatkan tetap utuh, dianjurkan untuk mengonsumsi buah yang kualitasnya baik.

Tapi tahukah Anda, bagaimana ciri-ciri buah yang bagus? Kali ini kami akan berbagi tips pemilihan buah-buahan yang mempunyai mutu bagus. Dimulai dari buah mangga sampai dengan buah sawo.

Mangga

Buah mangga yang telah matang sempurna ditunjukkan dari ujung tangkainya yang berwarna kekuning-kuningan. Pilih buah yang warna hijaunya cenderung tua dan pekat. Buah juga mengeluarkan aroma semerbak khas buah mangga sampai ke bagian ujungnya. Perhatikan tekstur kulitnya yang tampak mulus dan kencang serta tidak mengkerut dan tidak ada bekas suntikan.

Manggis

Tanda buah manggis yang baik adalah warnanya ungu, gelap, dan mengkilat. Bobotnya terasa cukup berat dan tidak kopong/terlalu ringan. Usahakan pilih buah yang masih mempunyai bonggol yang segar dan berkelir kehijau-hijauan serta dasar buah yang bertekstur renggang. Untuk mengecek mutunya, Anda bisa menekan buah manggis tersebut. Bila kulitnya terasa keras artinya buah masih mentah. Sebaliknya jika buah terasa empuk saat ditekan berarti kondisinya sudah mendekati busuk. Bisa juga dengan memasukkan buah manggis ke dalam air, apabila terapung maka kualitasnya bagus.

Salak

Buah salak yang matang mempunyai kulit yang berwarna cokelat tua agak kehitam-hitaman. Kulitnya juga terlihat bersih, kinclong, dengan ukuran sisik yang cukup besar dan jaraknya renggang. Salak yang matang juga sudah tidak memiliki bulu-bulu halus di kulitnya sebab sudah rontok sendiri. Pilih buah yang berbentuk lonjong dengan ujung yang meruncing karena rasanya lebih manis.

Pisang

Pisang yang memiliki warna kuning merata, teksturnya mulus, dan kulit yang tipis menandakan kualitasnya bagus. Sebaliknya pisang yang mempunyai kulit tebal artinya belum matang sempurna. Disarankan ambil buah pisang yang bonggolnya belum terlalu mengering sehingga daya simpannya lebih lama. Hindari juga buah pisang yang memiliki batang yang kelihatan kering.

Jeruk

Pemilihan buah jeruk harus didasarkan pada jenisnya. Pilih buah jeruk berkulit tebal yang mempunyai tekstur keras dan warnanya hijau kekuning-kuningan dengan penampang yang mulus dan tidak berbintik. Coba Anda tancapkan ujung kuku ke kulit terluar jeruk tersebut, jika terasa lembut artinya jeruk masih segar. Sedangkan jeruk berkulit tipis yang baik bisa dilihat dari bentuknya yang mantap saat digenggam dan kulitnya tampak mengkilap. Hindari memilih jeruk berukuran besar yang berwarna hijau muda sebab kemungkinan besar rasanya pasti kecut.

Alpukat

Kebanyakan petani memetik buah alpukat yang masih mengkal dengan tujuan supaya matang di perjalanan dan tahan lama. Hal ini berarti ada banyak buah alpukat mentah yang bisa Anda temui di pasaran. Trik untuk mengetahui buah alpukat yang telah matang yaitu dengan menggoyang-goyangkannya. Jika terdengar suara seperti biji yang terlepas tandanya buah sudah matang. Alpukat yang matang juga mempunyai permukaan kulit yang mulus.

Durian

Durian yang matang mempunyai duri yang melebar dan agak lunak, serta kulitnya tidak berlubang. Buah mengeluarkan bau khas yang kuat. Saat dipukul-pukul juga akan timbul bunyi yang keras. Perhatikan pula tangkai buah, kalau warna bagian tengahnya tampak kekuning-kuningan artinya mutunya bagus. Sebaiknya hindari memilih durian yang berbentuk bulat, melainkan pilih buah yang bentuknya oval.

Semangka dan Melon

Semangka dan melon bisa Anda coba pukul untuk mengetahui isinya kosong atau tidak. Khusus untuk melon biasanya mengeluarkan aroma yang khas. Usahakan pilih buah yang mempunyai ujung tangkai yang sudah kering dan mekar. Ambil melon yang guratan uratnya kelihatan banyak dan tebal, serta terdengar suara gerakan biji ketika melon digoyang-goyangkan.

Duku

Buah duku yang memiliki kulit tipis dan lembut merupakan ciri-ciri buah yang matang. Kadang-kadang buah juga mempunyai bintik-bintik hitam pada permukaannya. Sebaliknya buah duku yang berwarna cokelat tetapi terasa lembek dan berair otomatis tandanya buah ini sudah busuk.

Pepaya

Ambil pepaya yang mempunyai bentuk lurus dan ukurannya cukup panjang. Jangan pernah membeli buah pepaya yang bentuk atasnya kecil tetapi bagian bawahnya besar, atau sebaliknya. Hal ini karena buah pepaya yang memiliki postur seperti demikian menandakan kalau rasa dagingnya cenderung hambar.

Apel

Apel yang keras bisa diketahui dengan cara mengetuk-ngetuknya menggunakan jari Anda. Jika bunyinya nyaring, maka apel ini masih mengandung air yang cukup banyak. Sedangkan apabila saat diketuk dengan jari bunyinya redup, kualitas apel tersebut sudah menurun.

Sawo

Sebisa mungkin beli buah sawo yang teksturnya empuk dan warnanya cokelat tua. Anda tidak perlu memperhatikan bentuk dan ukurannya karena kedua faktor ini tidak terlalu berpengaruh terhadap kualitas buah sawo. Yang paling penting perhatikan tekstur permukaan buah sawo ini dan usahakan kulitnya tampak mulus. Jangan memilih sawo yang memiliki luka, goresan, atau lubang walaupun ukurannya kecil. Dan hindari pula buah yang di kulitnya terdapat bekas getah sebab tandanya buah tersebut sudah pernah mengalami kerusakan.