Cara Memangkas Tanaman Buah Naga yang Benar

Bagaimana cara memangkas tanaman buah naga yang benar? Buah naga termasuk salah satu buah dengan nilai premium. Harga buah ini di pasaran terbilang cukup mahal tiap kilogramnya. Meskipun begitu, tingkat permintaannya sangat tinggi. Hal ini dikarenakan masyarakat Indonesia sangat menyukai buah naga karena bentuk, rasa, dan warnanya unik. Buah naga lebih banyak dibuat menjadi makanan atau minuman olahan yang menggugah selera.

Tak ayal, banyak petani pun mencoba mengadu nasibnya dengan bertanam pohon buah naga. Jika Anda juga tertarik membudidayakan buah naga, Anda bisa membeli bibitnya di toko kami. Setelah bibit tersebut tumbuh besar, Anda harus rajin memangkas tanaman tadi supaya cepat berbuah serta buah yang dihasilkannya berukuran besar. Pekerjaan ini bisa dikatakan tidak terlalu sulit asalkan Anda mengetahui tekniknya yang benar.

Pada prinsipnya, proses pemangkasan tanaman buah naga bertujuan untuk menghentikan pertumbuhan cabang atau sulur. Dengan kata lain, pemangkasan ini akan mencegah pembentukan tunas baru. Bagian tanaman yang perlu dipangkas adalah tiap-tiap ujung cabangnya untuk mempertahankan panjang maksimal cabang berukuran 70 cm. Perlu Anda ketahui, buah naga yang tumbuh jauh dari batang utamanya memiliki mutu kurang bagus.

Alat-alat yang digunakan :

  • Sarung tangan
  • Gunting taman
  • Cairan alkohol
  • Kapas
  • Meteran

Langkah-langkah :

  1. Siapkan pohon buah naga yang hendak dipangkas.
  2. Ukurlah tiap-tiap cabang tanaman untuk mengetahui panjangnya.
  3. Cabang tanaman yang berukuran lebih dari 70 cm harus dipangkas.
  4. Bersihkan permukaan mata gunting taman memakai cairan alkohol
  5. Potonglah ujung cabang tanaman buah naga menggunakan gunting taman tadi.
  6. Pemotongan dilakukan dalam sekali potong sehingga tidak menimbulkan luka.
  7. Tunas baru yang tumbuh di batang utama juga harus dipangkas.
  8. Lanjutkan pekerjaan ini hingga postur pohon menjadi ideal kembali.

Dengan melakukan pemangkasan ini, maka pohon buah naga akan menggunakan semua nutrisi dan unsur hara yang didapatkannya untuk keperluan pembentukan dan bakal buah. Hasilnya adalah tanaman buah naga menjadi  berbuah. Ukuran buahnya pun relatif lebih besar karena memperoleh banyak nutrisi. Demikian informasi dari kami, semoga berguna bagi Anda. Terima kasicepath banyak.