Cara Buat Taman Bunga yang Indah di Lereng Bukit

Kini semakin banyak desa yang merias diri supaya tampil lebih cantik dan menarik sehingga disinggahi oleh orang-orang yang kebetulan melewatinya. Desa wisata namanya. Sekarang memang sedang tren sebuah desa yang tadinya biasa-biasa saja kemudian menjelma menjadi sebuah desa wisata yang begitu indah. Berkat keindahannya tersebut, desa ini lantas mampu menarik minat masyarakat untuk mengunjunginya.

Anda juga mungkin tertarik membuat sebuah desa wisata? Kunci utamanya yaitu manfaatkan segala potensi yang sudah dimiliki oleh desa Anda. Misalnya jika ada lereng bukit di desa Anda, cobalah menyulap lereng tersebut menjadi sebuah taman yang indah. Dihiasi dengan bunga-bunga yang bermekaran serta latar berupa gunung yang tinggi menjulang nun jauh di sana, desa Anda pasti akan menarik perhatian kalangan ramai.

Siapkan Lahannya Terlebih Dahulu

Anda tentunya sudah mempunyai tempat yang akan dibuat menjadi sebuah taman bunga, kan? Setelah itu, Anda bisa menyiapkan lahan tersebut untuk ditanami tumbuhan. Mulailah dengan memangkas habis semua tanaman yang tumbuh di sana. Biasanya tanaman gulma seperti rumput, alang-alang, dan teki-tekian mendominasi lahan tersebut. Anda perlu memangkas semua tanaman gulma ini. Anda bisa mencabuti gulma memakai alat sabit. Atau kalau mau lebih efisien, pakai saja herbisida.

Setelah lahan bebas dari gulma, selanjutnya Anda bisa mulai mengolahnya. Mulailah dengan mencangkul tanah untuk membuat strukturnya menjadi gembur. Tanah tersebut harus diaduk dan dibalik posisinya supaya menjadi remah. Kemudian taburkan pupuk kandang secukupnya guna meningkatkan kesuburan tanah. Untuk lahan yang miring, sebaiknya Anda membuat terasering di sana supaya tanahnya tidak rawan longsor. Pembuatan terasering juga akan menciptakan pemandangan khas daerah perbukitan yang indah.

Rencanakan Desain Taman yang Indah

Kalau ingin membuat taman yang indah, jangan bekerja secara terburu-buru. Anda perlu membuat rencana tentang taman bunga tersebut sebelum melakukan eksekusi, khususnya soal desainnya. Desain taman bunga harus dibuat seindah mungkin. Biar tidak keliru dalam bekerja, buatlah desainnya di komputer lebih dulu. Beruntung saat ini sudah banyak tersedia software yang dapat membantu Anda membuat desain taman di komputer. Anda tinggal memanfaatkannya. Bangunlah desain taman yang bersifat nyata sesuai kondisi tanah.

Beli Benih Tanaman yang Rajin Berbunga

Terdapat begitu banyak tanaman yang mempunyai bunga yang indah. Warna-warninya pun beraneka ragam. Khusus untuk taman, sebaiknya Anda memilih tanaman yang memang rajin sekali menumbuhkan bunga. Sehingga pesona taman tersebut senantiasa terpancar setiap saat. Kalau tidak ada bunga yang tumbuh di dalamnya, taman Anda bakal kehilangan daya tariknya karena hanya daun saja yang ada. Contoh tanaman yang rajin berbunga di antaranya bunga kertas, aster, moss-rose, fuschia, petunia, portulaca, lavender, lili, lobelia, geranium, dan masih banyak lagi.

Tanamlah Benih Tanaman di Polybag

Anda bisa membeli benih tanaman di online shop kami yang beralamat di www.tokotanaman.com. Kami menyediakan biji siap tanam yang bisa Anda semai sendiri dengan mudah. Sebaiknya benih tersebut disemai di dalam polybag agar peluang tumbuhnya lebih besar dan perawatannya pun lebih gampang. Hindari menanam biji tanaman ini secara langsung di lahan. Rawatlah bibit tanaman ini dengan baik. Anda perlu menyiraminya secara berkala serta menyemprotkan fungisida/insektisida untuk membasmi serangan hama dan penyakit.

Bibit yang Sudah Besar Ditanam di Lahan

Setelah ukuran bibit tanaman di polybag sudah cukup besar, Anda bisa memindahkannya ke lahan penanaman. Bibit tersebut sudah mempunyai daya tahan yang baik serta tidak mudah mati. Pemindahan bibit hendaknya dilakukan pada awal musim penghujan sehingga Anda tak perlu repot menyiraminya lagi. Tanamkan bibit bunga yang beraneka rupa tersebut sesuai rencana yang telah dibuat. Setiap tanaman memiliki postur yang berbeda. Anda harus memanfaatkan dengan baik bentuk tanaman tersebut agar hamparannya terlihat indah.

Rawat Tanaman agar Tumbuh Subur

Perawatan menjadi kegiatan yang mutlak dikerjakan kalau Anda ingin membuat taman yang indah. Tanaman-tanaman di dalamnya akan tumbuh subur apabila Anda rutin merawatnya. Tanaman tersebut juga bakal rajin berbunga kalau Anda merawatnya dengan baik. Di sisi lain, taman yang kurang mendapatkan perawatan akan berubah menjadi kebun liar yang dipenuhi oleh semak belukar. Taman pun menjadi nampak tidak menarik lagi.

Dalam merawat tanaman, hal yang paling mendasar yang harus Anda lakukan yaitu memenuhi kebutuhan airnya. Setiap tanaman membutuhkan air untuk dapat hidup. Tetapi masing-masing tanaman membutuhkan air dalam porsi yang berbeda-beda. Sehingga Anda harus menyesuaikannya. Kemudian Anda juga perlu memberikan pupuk tambahan secara berkala untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada setiap tanaman. Lakukan pemupukan memakai pupuk organik serta ZPT (Zat Pengatur Tumbuh) untuk merangsang pertumbuhan daun dan bunga.