Begini Cara Mudah Membuat Pupuk Phonska Cair!

Tanaman yang kita tanam membutuhkan pupuk sebagai sumber nutrisinya. Sayangnya harga pupuk di pasaran sangat mahal. Padahal di sisi lain kita sebagai petani tidak bisa menaikkan harga jual hasil pertanian begitu saja. Alhasil para petani harus memutar otak guna menyiasati harga pupuk semakin melambung tinggi. Salah satunya dapat dilakukan dengan membuat pupuk sendiri dari bahan-bahan yang mudah didapatkan sehingga lebih hemat biaya.

Tidak sedikit petani yang membuat pupuk phonska untuk menyuburkan lahan garapannya. Pupuk phonska dikenal pula dengan sebutan pupuk NPK. Pupuk ini mengandung lebih dari satu unsur hara utama. Itu sebabnya, pupuk phonska memiliki manfaat yang bagus untuk tanaman. Di antaranya yaitu merangsang pertumbuhan daun, mendukung warna daun agar semakin hijau, memperkuat sistem perakaran tanaman, dan meningkatkan produktivitasnya.

Berikut ini tata cara dalam pembuatan pupuk phonska cair yang bisa Anda coba sendiri.

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

  • 2 kg pupuk phonska
  • 1 kg pupuk KCl
  • 1 kg pupuk SP
  • 8 liter air bersih

Langkah-langkah pembuatan :

  1. Tuangkan air ke dalam ember berukuran besar.
  2. Tambahkan pupuk phonska, pupuk KCl, dan pupuk SP.
  3. Aduk beberapa kali sampai seluruh bahan tercampur rata.

Cara Menggunakan Pupuk Phonska Cair

Pupuk phonska cair yang akan digunakan perlu diecerkan menggunakan air terlebih dahulu. Tujuannya untuk mengurangi sifat panas pada pupuk tersebut sehingga tidak merusak akar tanaman. Perbandingannya adalah 1 liter pupuk phonska cair dicampur dengan 20 liter air bersih. Selanjutnya pupuk yang telah diencerkan tadi dimasukkan ke alat semprot. Barulah kemudian Anda bisa menyemprotkannya ke tanaman, tepat pada bagian akarnya. Pupuk ini diberikan setiap 20 hari sekali hingga 3 bulan dimulai ketika tanaman berusia 20 hari sejak bibit dipindahkan dari lahan pembibitan ke lahan bedengan.